Bumi Antaludin

Serahkan Dua Unit Ambulans, Bupati HSS Minta Puskesmas ‎Tak Kaku Soal Standar Operasionalnya

Penyerahan oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, dilaksanakan usai ape‎l gabungan ASN, kepada kepala di dua puskesmas tersebut di halaman Kantor Bupati HSS.

Serahkan Dua Unit Ambulans, Bupati HSS Minta Puskesmas ‎Tak Kaku Soal Standar Operasionalnya
HO/Diskominfo HSS
Bupati HSS Achmad Fikry saat menyerahkan ambulans kepada kepala Puskesmas Kandangan dan Puskesmas Kalumpang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Meningkatkan pelayanan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan ‎memberikan dua unit mobil Ambulans, untuk Puskesmas Kandangan dan Puskesmas Kalumpang, Senin (2/9/2019).

Penyerahan oleh Bupati HSS H Achmad Fikry, dilaksanakan usai ape‎l gabungan ASN, kepada kepala di dua puskesmas tersebut di halaman Kantor Bupati HSS.

Turut hadir Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekda HSS serta Kepala Dinas Kesehatan HSS. Usai melakukan penyerahan,Fikry meminta puskesmas penerima terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Utamanya untuk kegiatan kunjungan kunjungan berkaitan tugas Puskesmas. Dukungan fasilitas ambulans diharapkan memberi ‎semangat membantu masyarakat yang membutuhkan,"katanya.

Bupati HSS saat menyerahkan ambulans kepada kepala Puskesmas Kandangan dan Puskesmas Kalumpang
Bupati HSS saat menyerahkan ambulans kepada kepala Puskesmas Kandangan dan Puskesmas Kalumpang (HO/Diskominfo HSS)

Mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan ambulans di setiap Puskesmas, Bupati menyatakan hal tersebut memang sudah ditetapkan. Namun, Fikry meminta agar pihak puskesmas tak terlalu kaku dengan SOP yang berlaku.

"Ambulan bisa saja digunakan dalam hal tertentu atau kondisi mendesak jika masyarakat sangat memerlukannya. Puskesmas merupakan pelayanan dasar yang terdepan sebagai pendukung sumber daya manusia dan sarana prasarana dalam memberikan pelayan kesehatan,"kata Bupati.

Bupati HSS didampingi Kadinkes, Wabup dan Sekda memberikan keterangan terkait penyerahan dua unit ambulans
Bupati HSS didampingi Kadinkes, Wabup dan Sekda memberikan keterangan terkait penyerahan dua unit ambulans (HO/Diskominfo HSS)

Disebutkan, HSS patut bersyukur, karena rata- bangunan Puskesmas sudah sangat representatif, sehingga perlu didukung berbagai fasilitas, di antaranya ambulans, yang sering dibutuhkan secara mendesak, dalam kondisi tertentu.

Bupati pun berharap, agar fasilitas ambulans tersebut dirawat dengan baik, sehingga bermanfaat secara maksimal.

Kepada Dinas Kesehatan, Bupati mengarahkan agar membuat Standar Operasional Prosedur dalam penggunaan Ambulans.

Bupati HSS saat memantau kondisi dua unit ambulans untuk operasional Puskesmas Kandangan dan Pandawan
Bupati HSS saat memantau kondisi dua unit ambulans untuk operasional Puskesmas Kandangan dan Pandawan (HO/Diskominfo HSS)

"Saya berharap SOP yang benar, namun tak diterapkan secara kaku,"katanya. ‎ Pemkab HSS melalui Dinas terkait, kata Bupati akan terus melengkapi Sumber Daya Manusia (SDM) dan fasilitas lainnya di Puskesmas, sebagai ujung tombak pelayanan dasar kesehatan masyarakat. Untuk itu Fikry pun menyatakan sudah meminta kepala dinas menginventarisir Puskesmas yang ambulansnya perlu diganti.

"Secara bertahap akan dianggarkan. Untuk ambulans yang telah diserahkan, dananya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK),"katanya. (*/AOL)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved