Berita Dunia

Topan Lingling Mengamuk di Korea Utara, 5 Orang Tewas

Topan Lingling dilaporkan mengamuk di sebuah kawasan di Korea Utara. Terjangan topan ini, membuat lima orang warga tewas

Topan Lingling Mengamuk di Korea Utara, 5 Orang Tewas
(AFP PHOTO / YONHAP)
Pengunjung di Seoul berjuang menahan tiupan angin kencang saat Topan Lingling mendekati wilayah Korea Selatan, Sabtu (7/9/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PYONGYANG - Topan Lingling dilaporkan  mengamuk di sebuah kawasan di Korea Utara. Terjangan topan ini, membuat lima orang warga tewas daan tiga lainnya mengalami luka-luka, Sabtu (7/9/2019).

Terjangan Topan Lingling, salah satu topan paling kuat yang juga melanda Korea Selatan ini turut menimbulkan kerusakan di lahan pertanian.

Kerusakan lahan pertanian ini dikhawatirkan berdampak terhadap hasil panen menurun drastis dan memicu kekhawatiran akan kekurangan pangan.

"Tanaman roboh, terendam, atau terkubur di lahan pertanian seluas sekitar 46.200 hektar," kata kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Minggu (8/9/2019).

Baca: Disorot Paparazi Saat Nyeker, Putra Shah Rukh Khan Langsung Sewot, Netizen Heboh

Baca: Peserta Mandiri Telat Bayar, Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan Capai 15 Triliun, Kemenkeu Harapkan Ini

Baca: Audisi PB Djarum Bakal Dihentikan Tahun Depan, Liliyana Sebut Jalan Menuju Pentas Dunia

Baca: VIRAL Gadis Cantik & Imut Ini Menarik Perhatian Karena Baby Face Banget, Berprofesi Ojek Online

"Pekerjaan aktif untuk mengatasi dampak bencana saat ini sedang berlangsung di daerah-daerah yang tertimpa musibah," lanjut media itu.

Topan Lingling, yang disebut dengan Topan-13 di negara tertutup itu, juga merusak lebih dari 460 rumah warga dan setidaknya selusin bangunan publik, yang hancur maupun terendam seluruhnya, akibat topan.

"Menurut data yang diperoleh Komite Bencana Darurat Negara, lima orang tewas dan tiga orang luka. Mereka yang terluka telah dalam perawatan di rumah sakit," lanjut KCNA.

Sebelumnya diberitakan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memarahi para pejabatnya yang dianggap terlalu santai dalam mempersiapkan menghadapi Topan Lingling.

Dilansir AFP, Kim Jong Un langsung mengadakan pertemuan darurat Jumat (6/9/2019) dan mengatakan "kondisi bahaya" yang disebabkan Topan Lingling sudah dekat.

Tetapi berdasarkan pemberitaan kantor berita setempat, Kim marah dan menyebut para pejabat di departemen yang bertanggung jawab tampak tak bersiap dengan baik.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved