Ekonomi dan Bisnis

Harga Acuan Batu Bara Turun Tapi Tarif Listrik Terus Naik, Begini Seharusnya Menurut Menteri Jonan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menanggapi penurunan harga acuan batu bara menjadi 65,79 dolar per ton

Harga Acuan Batu Bara Turun Tapi Tarif Listrik Terus Naik, Begini Seharusnya Menurut Menteri Jonan
KOMPAS.COM/RENI SUSANTI
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan seusai memberikan orasi ilmiah dalam Dies Natalis Universitas Padjadjaran (Unpad), Rabu (11/9/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANDUNG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menanggapi penurunan harga acuan batu bara menjadi 65,79 dolar per ton pada September 2019 ini.

Jonan mengatakan, dalam enam bulan terakhir, harga gas turun banyak. Begitupun dengan harga batu bara mengalami penurunan.

“Kita pakai patokan batas atas untuk PLN, 70 dolar AS. Mestinya harga listrik tidak perlu penyesuaian naik. Kalau kursnya di Rp 14.000, mestinya minimal tidak naik,” ujar Jonan seusai orasi Ilmiah Dies Natalis ke-62 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Rabu (11/9/2019).

Mengenai elektrifikasi, Jonan mengatakan, hingga September 2019 sudah mencapai 98,9 persen. Hingga akhir tahun, ia menargetkan elektrifiksi mencapai 99,3 persen.

Baca: Hasil Timnas U-19 Indonesia Vs Iran Laga Ujicoba LIVE RCTI, Skor Sementara 0-0 di Babak Pertama

Baca: Vincent Ungkap Kebiasaan Buruk dan Jorok Dian Sastrowardoyo, Suka Tempatkan Upil di Bawah Meja

Baca: Wanita Muda Ini Ditemukan Tewas Setengah Telanjang di Kafe, Terungkap Teman Masa Kecil Pembunuhnya

Itu artinya, dalam tiga bulan terakhir, elektrifikasi yang harus dikejar adalah 0,1 persen. Jika sesuai rencana, harusnya pada 2020 tingkat elektrifikasi di Indonesia mencapai 100 persen.

Namun setiap tahun, selalu ada penambahan 500.000 rumah tangga baru. Itu artinya, yang lama harus dikejar untuk teraliri listrik, yang baru pun demikian.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved