Eskpoitasi Loksado

Bukit Langara, Loksado, HSS, Menantang Bebatuan Runcing Nan Tajam demi Pemandangan Asri Meratus

Keindahan bukit ini bisa dinikmati pagi hari, saat mentari muncul di balik Gunung Kantauan. Bukit Langara merupakan bukit kars yang cukup terjal.

Bukit Langara, Loksado, HSS, Menantang Bebatuan Runcing Nan Tajam demi Pemandangan Asri Meratus
Ist/Disporapar HSS
Pengujung berfoto di Bukit Langara, Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Siapa tak kenal Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Wisata alam ini memang sudah mendunia. Keindahan dan kesejukannya pun tak diragukan lagi. Selama ini yang poluler di loksado, adalah bamboo rafting yang wajib di coba. Juga pemandian air panas Tanuhi, serta wisata budaya adat Dayak Bukit, atau Dayak Meratusnya yang menarik hati.

Namun, Loksado sebenarnya memiliki lebih dari itu. Banyak spot lain yang bisa dikunjungi. Apa saja?

Salah satunya adalah Bukit Langara. Bukit ini berada di Desa Lumpangi, sekitar 36,6 kilometer kota Kandangan, Kabupaten HSS. Keindahan bukit ini bisa dinikmati pagi hari, saat mentari muncul di balik Gunung Kantauan. Bukit Langara merupakan bukit kars yang cukup terjal.

Baca: Dokter Asal Makassar Ini Penasaran Dengan Trek Tour de Loksado 2019

Rian, salah satu wisatawan yang pernah mendaki bukit tersebut bersama istrinya mengaku jalur ke puncak bukit langara relatif mudah didatangi. Masyarakat setempat sudah membuka aksesnya. Namun, bagi pendaki pemula, bakal ngos-ngosan, terutama mereka yang jarang berolah raga.

“Saya sarankan kalau mau ke puncak bukit ini, pakai alas kaki yang nyaman dan cocok untuk medan ini. Seperti sendal gunung. Sebab bebatuannya runcing, dan sebagian ada yang tajam,”ungkap Rian.

View di bukit Langara sendiri adalah perpaduan sempurna antara sungai dan perbukitan. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam Loksado dari ketinggian puncak bukit yang didaki dimana pepohonan hijau rimbun tampak asri. Pesona alam yang indah membuat bukit ini juga sering menjadi spot favorit bagi yang ingin mennati sunrise maupun sunset.

Pengujung berfoto di Bukit Langara, Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalsel 2
Pengujung berfoto di Bukit Langara, Desa Lumpangi Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalsel 2 (Ist/Disporapar HSS)

Bagaimana akses mencapai lokasi? Sebelum sampai ke pusat kecamatan Loksado, terdapat persimpangan. Jika lurus, menuju Loksado dan jika berbelok ke kanan, arah ke Batulicin, menuju Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca: Gelar Tour De Loksado 2019, Peserta Diajak Nikmati Keindahan Alam dan Budaya Kalsel

Anda harus berbelok kearah Batulicin tersebut. Tak jauh dari tikungan tadi, ada penunjuk arah ke Bukit Langara, hingga pengunjung mengikuti. Selanjutnya, pengujung bisa memarkir sepeda motor maupun mobilnya di sekitar area makam Habib Lumpangi.

Tarif parkir, Rp 5000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Terdapat pula beberapa warung di sekitar lokasi bukit, jika ingin berbelanja makanan ringan, khususnya minuman untuk bekal menuju puncak. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, dengan tak meninggalkan sampah kemasan makanan apapun. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved