Berita Kabupaten Banjar

Sempat Cari Air Bersih ke Lokasi yang Jauh, Warga Kabupaten Banjar Bersyukur Dapat Bantuan Ini

Kesulitan air bersih masih diderita oleh masyarakat di Kabupaten Banjar. Ujung ke ujung, seperti aluh-aluh dan Cintapuri Darussalam

Sempat Cari Air Bersih ke Lokasi yang Jauh, Warga Kabupaten Banjar Bersyukur Dapat Bantuan Ini
Babinsa Koramil-11/Alh
Pembagian air bersih di Aluhaluh, Kabupaten Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kesulitan air bersih masih diderita oleh masyarakat di Kabupaten Banjar. Ujung ke ujung, seperti aluh-aluh dan Cintapuri Darussalam pun mengeluhkan minimnya air bersih. Terpaksa, selain mencari jauh sumber air juga harus berbagi.

Jarkasi Ahmad (41) warga desa Aluh-aluh Kecil mengungkapkan rasa senangnya begitu ada pendistribusian air bersih di desanya. "Kami sangat bersyukur dan terima kasih atas bantuan dari bapak-bapak Babinsa yang sangat meringankan beban kami,” ungkapnya dengan wajah gembira.

Saat ini dirinya sebelum ada bantuan dari tempat tinggal jadi harus naik sepeda dulu mengambil air ke bunipah hingga dua kilometer, bukan cuma sekali tapi dalam sehari bisa sampai dua kali dia cari air bersih.

Tak heran bila dia merasa begitu beruntung hari ini dapat air dari pemerintah. "Berharap air leding dapat mengalir kembali, sebab sumur sudah karing , dan Bantuan pemerintah untuk disini dimintakan satu dua kali," tutur Jarkasi.

Baca: KABUT ASAP MAKIN PARAH, Anak-anak & Manula Diungsikan Keluar Palangkaraya, Penderita Asma Tersiksa

Baca: BERLANGSUNG! Link Live Streaming Persija Jakarta vs Bali United Liga 1 2019, Cek TV Online Indosiar

Baca: Lagi Asik Lakukan Ini, Dua Pasangan Bukan Suami Isteri Terjaring di Kos-kosan Kota Banjarbaru

Babinsa Koramil-11/ Alh Sersan Kepala Bahril mengatakan kemarau mengakibatkan sumber mata air di beberapa daerah khususnya di desa Aluh-aluh Kecil bahkan Air PDAM tak lagi mengalir sehingga masyarakat mulai kekurangan air bersih untuk mencukupi kebutuhan.

Menyikapi hal tersebut, dia memberikan bantuan dan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Banjar di fasilitasi Kepala desa setempat, melaksanakan pendistribusian air bersih kepada masyarakat desa aluh- aluh kecil Rt.04/02 Kecamatan Aluh-aluh, Kabupeten Banjar.

Bahril Menuturkan bantuan air bersih tersebut sangat membantu masyarakat sekitar, dimana mereka menyambut dengan senang bantuan air bersih di desa mereka.

Kepala desa Aluh-aluh Kecil Anwar mengatakan, kesulitan air untuk warganya sudah sejak satu bulan ini, dikarenakan PDAM Unit tidak banyak mengalihkan air karena selain kurangnya asupan air dari PDAM Induk.

" juga ini kan musim kering jadi itu penyebabnya. Sudah kami Koordinasi sama Koramil bahwa warga kesulitan air, melalui Babinsa komunikasi dengan BPBD langsung ditanggapi , ya warga langsung menerima," ucap Anwar.

Warga Aluhaluh lainnya, Suriansyah yang tinggal di Desa Sungai Musang juga menheluh masih sangat sulit cari air untuk keperluan hari-hari.

" Rata-rata warga sudah kehabisan stok air bersih, parah sudah. Kami terpaksa bila begini terus harus bergerak mencari air bersih hingga keluar kampung. Iya itu sudah parah," katanya.

Aluh -Aluh adalah kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yang terdiri atas 19 desa dengan luas 82,48 kilometer persegi. Permasalahan air bersih menjadi keluhan selama ini yang dirasakan kecamatan berpenduduk kurang lebih 28.219 jiwa itu.

Sementara itu di pelosok lainnya, Bhabinkamtibmas Desa Cintapuri Bripka H. M.S. Ariza juga nembantu warga binaanya yang kesulitan air bersih untuk keperluan sehari-hari, khususnya untuk memasak dan minum dengan mendatangkan mobil tangki air bersih atau air PDAM ke Desa Cintapuri Kecamatan Cintapuri Darussalam, selanjutnya air bersih tersebut dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Pembagian air bersih tersebut dilakukan setiap hari oleh Bripka H. M.S Ariza pada pagi hari, pembagian air bersih gratis tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. " Masyarakat berharap supaya pembagian air bersih tersebut terus dilakukan selama musim kemarau ini atau sampai musim penghujan tiba," katanya. Kecamatan Cintapuri Darussalam merupakan pamekaran Kecamatan Simpang Empat.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved