Berita Nasional

Dinilai Banyak Negatifnya, Kementerian ATR Bakal Hapuskan IMB

Penghapusan IMB oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) ini terkait dengan sisi negatif yang selama ini ditimbulkan semenjak IMB diberlakukan

Dinilai Banyak Negatifnya, Kementerian ATR Bakal Hapuskan IMB
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati
Ilustrasi-Survei dan verifikasi piihak Dispenda juga memberikan sosialisasi kepada pemilik bangunan untuk melengkapi dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -  Aturan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang selama ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan bangunan akan dihapus.

Penghapusan IMB oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) ini terkait dengan sisi negatif yang selama ini ditimbulkan semenjak IMB diberlakukan.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, konsep izin berupa IMB ini lebih banyak sisi negatif atau buruknya. Kini Pihaknya tengah menggodok regulasi terkait agar lebih baik.

"Sedang dipikirkan regulasi ya, karena konsep izin yang selama ini lebih banyak pelanggarannya," kata Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Baca: Kematian Model Cantik Ini Viral, Ditemukan Tewas di Lobi Apartemen Setelah Dibawa Masuk Lift

Baca: Digoda Vanessa Angel, Hotman Paris Ungkap Penderitaannya Saat Bahas Bebby Fey & Atta Halilintar

Baca: Dekat Naomi Zaskia, Sule Bicara Soal Pernikahan, Sahabat Andre Taulany Sebut tentang Prioritas

Baca: Antar Jenazah Dari Cisauk ke Klaten, Ambulans Ini Tabrak Dumtruk, 5 Pengantarnya Tewas

Menurut Sofyan, mengenai substansi pada aturan IMB lebih fokus pada pengawasan dibandingkan surat penerbitan IMB-nya. Proses yang dibahas masih berlangsung dan tidaknya hanya fokus pada IMB.

"Tapi akan keluar nanti apa namanya, sedang dikerjakan. Nah itu yang sedang disiapkan sekarang," ungkapnya.

Dia menjabarkan, jika rencana ini memang terealisasi maka ada kemungkinan revisi undang-undang yang mengatur IMB selama ini. Kendati demikian, Sofyan menegaskan aturan IMB tetap ada namun bisa saja dengan nama berbeda.

"Tapi tentu harus ada apa namanya, safeguard-nya. Bukan berarti enggak ada izin enggak ada ini. Tapi yang paling penting adalah pengawasan. Kalau di luar negeri kan orang mulai bangun standarnya sudah ada. Nanti kalau you melanggar ya dibongkar. Itu intinya," jelas dia.

Baca: Viral Daging Rendang yang Berisi Narkoba, Begini Faktanya

Baca: Dulu Musuhan, Alasan Ibu Barbie Kumalasari Bela Mati-matian Istri Siri Galih Ginanjar Terungkap

Baca: Dibawa ke PN Rantau, 6 PSK dan 2 Penyedia Tempat Divonis 15 Hari Kurungan dan Percobaan 1 Bulan

Ia menambahkan, rencana penghapusan IMB ini diharapkan bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat. Sehingga, proses pembangunan bangun yang selama ini dinilai susah maka lebih.

"Jadi supaya masyarakatnya gerak cepat dan investasi lebih bagus selama mereka memiliki standar. Kalau di luar negeri orang bangun standarnya udah ada, kalau you langgar ya dibongkar," tutupnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Aturan IMB Akan Dihapus, Apa Alasan Pemerintah?",

Penulis : Murti Ali Lingga

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved