Berita Jakarta

Demo Mahasiswa Berakhir Rusuh, Ketua DPR Minta Mahasiswa Pulang : ''Kami Sudah Penuhi Tuntutan''

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta sejumlah mahasiswa mengakhiri unjuk rasa yang digelar di depan gedung DPR dan sekitarnya, Jakarta.

Demo Mahasiswa Berakhir Rusuh, Ketua DPR Minta Mahasiswa Pulang : ''Kami Sudah Penuhi Tuntutan''
KOMPAS.com/Haryantipuspasari
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/8/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Demo massa mahasiswa yang menuntut dibatalkannya UU KPK dan Revisi KUHP di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (24/9/2019), berakhir ricuh. Mahasiswa bentrok dengan aparat yang berjaga di gedung DPR RI.

Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta sejumlah mahasiswa mengakhiri unjuk rasa yang digelar di depan gedung DPR dan sekitarnya, Jakarta.

Bambang mengatakan, DPR sudah memenuhi tuntutan mahasiswa dengan menunda pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Oleh karena itu, ia meminta mahasiswa pulang ke rumah masing-masing.

"Saya minta kepada teman-teman mahasiswa sebaiknya sudah cukup penyampaian aspirasi yang disampaikan kepada kami, kembali ke rumah masing-masing karena kami sudah memenuhi tuntutan atau aspirasi yang disampaikan oleh adik-adik mahasiswa, yaitu menunda KUHP penunda RUU Pemasyarakatan sebagaimana yang disampaikan kepada kami di DPR," kata Bambang saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Baca: Paksa Masuk Gedung DPR, Gabungan Mahasiswa Penolak UU KPK dan RKUHP Jebol Kawat Berduri

Bambang mengaku sempat ingin berdialog dengan perwakilan mahasiswa tetapi situasi sedang memanas sehingga rencana itu batal.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, akan tetap berada di DPR sampai para mahasiswa membubarkan diri.

"Saya akan tetap di sini sampai para mahasiswa membubarkan diri, saya bersedia bertemu kapan saja, dengan adik-adik mahasiswa dan apa yang ingin dipertanyakan, karena saya yakin dan percaya kami di DPR sudah memenuhi aspirasi mereka," ujarnya

"Saya akan tunggu di sini saya akan tetap bersama pihak keamanan sampai mahasiswa membubarkan diri," sambungnya.

Selanjutnya, Bambang mengingatkan, aparat keamanan menangani aksi demo mahasiswa secara bijaksana. Ia mengingatkan aparat keamanan agar tidak ada korban dalam aksi mahasiswa ini.

Baca: Beredar Foto Dosen Unmul Persilakan Mahasiswa Demo : RUU Cuma Ngasih Jalan Bagi Koruptor

"Saya tetap berharap pada aparat keamanan menangani hal ini dengan bijaksana jangan sampai ada mahasiswa yang jadi korban. karena sesungguhnya mereka datang ke sini hanya menyampaikan aspirasinya," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah mahasiswa kembali melakukan aksi demo di depan gedung DPR, Selasa (24/9/2019). Aksi demo mahasiswa tersebut menolak pengesahan RKUHP dan UU KPK yang baru disahkan.

Penulis Haryanti Puspa Sari/Kompas

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua DPR: Kami Sudah Penuhi Tuntutan Mahasiswa, Pulanglah ke Rumah", https://nasional.kompas.com/read/2019/09/24/20590011/ketua-dpr-kami-sudah-penuhi-tuntutan-mahasiswa-pulanglah-ke-rumah.

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved