Berita Kabupaten Banjar

Kemenkes Anulir Penurunan Kelas RSJ Sali, Begini Ihwalnya

Ini menyusul langkah Kementerian Kesehatan yang menganulir keputusan penurunan kelas RSJ Sali dari tipe A menjadi B pada 17 Juli 2019 lalu.

Kemenkes Anulir Penurunan Kelas RSJ Sali, Begini Ihwalnya
banjarmasinpost.co.id/roy
Petugas RSJ Sambang Lihum melayani keluarga pasien membezuk anggota keluarga yang menjalani perawatan medis di Ruang Tenang, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Keluarga besar Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum (RSJ Sali) akhirnya bernapas lega.

Ini menyusul langkah Kementerian Kesehatan yang menganulir keputusan penurunan kelas RSJ Sali dari tipe A menjadi B pada 17 Juli 2019 lalu.

Hal itu tertuang dalam SK nomor YR.05.01/III/4075/2019 tanggal 11 September 2019 ditandatangani Direktur Jenderal Kesehtan Dr Bambang Wibowo.

Surat yang ditujukan kepada pimpinan RSJ Sali tersebut berisi empat poin penting.

Poin pertama menyatakan, Tim Reviu Kelas RS telah melakukan penilaian ulang terhadap RSJ Sali dengan hasil penilaian 81,25 persen pada aspek SDM dan 92,07 persen pada aspek sarpras dan alat kesehatan (alkes).

Lalu, poin kedua menyatakan hasil penilaian RSJ Sali telah sesuai klasifikasi RS jiwa kelas A. Poin ketiga menyatakan izin operasional tetap berlaku dan poin terakhir menyatakan, rekomendasi tersebut diberikan sebagai dasar perjanjian kerjasama BPJS Kesehatan dengan RS untuk pembayaran tarif INA-CBG's.

Baca: Dipaksa Tampil di Parade Sri Lanka, Tikiri Gajah Kurus Kering Ini Akhirnya Mati Mengenaskan

Baca: Video Respon Induk Ular Seperti Orang Menangis Saat Telurnya Dipisahkan, Panji Petulang Kaget

Baca: Perselingkuhan Billy Syahputra Dari Elvia Cerolline Dibongkar Uya Kuya, Balik dengan Hilda Vitria?

"Alhamdulillah RSJ Sali tidak jadi turun kelas, tetap kelas A. Karena memang aspek penilaian yang menyebabkan turunnya kelas, sebenarnya nilai kami juga melampaui batas minimal 75 persen," jelas Direktur Utama RSJ Sali dr H IBG Dharma Putra MKM, Rabu (25/09/2019).

Staf Bagian Hukum, Humas dan Tata Laksana RSJ Sali Reswan Iriyandy menerangkan kembalinya status menjadi kelas A tersebut melalui proses yang cukup melelahkan. Pihaknya harus melakukan sanggahan dengan menyerahkan berkas dokumen pendukung.

Beberapa kali pihaknya juga harus wira-wiri ke Jakarta ke Kemenkes.

Termasuk berkonsultasi ke Kementerian Koodinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved