Berita Internasional

36 Orang Penumpang Tewas Setelah Bus Penuh Tabrakan dengan Truk

Sedikitnya 36 orang tewas dan 36 lainnya cedera, setelah sebuah bus yang penuh dengan penumpang terlibat kecelakaan dengan truk di China

36 Orang Penumpang Tewas Setelah Bus Penuh Tabrakan dengan Truk
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi kecelakaan bus. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, YIXING - Sedikitnya 36 orang tewas dan 36 lainnya cedera, setelah sebuah bus yang penuh dengan penumpang terlibat kecelakaan dengan truk di China, Sabtu (28/9/2019) pagi.

Bus nahas tersebut membawa 69 penumpang, yang merupakan kapasitas maksimumnya.

Bus bertabrakan dengan truk barang saat keluar jalur dan masuk ke jalur yang berlawanan arah di jalan tol di provinsi Jiangsu, menurut biro keamanan publik kota Yixing.

"Penyelidikan awal menunjukkan bahwa kecelakaan terjadi akibat ban kempes di roda depan kiri bus," kata biro tersebut dalam pernyataannya, Minggu (29/9/2019).

Mengutip AFP, sebanyak sembilan orang korban mengalami luka parah, sementara 26 lainnya luka ringan dan satu korban luka telah diizinkan pulang.

Baca: Perang Drone Tempur Terbesar di Dunia Bakal Terjadi Wilayah Udara Libya

Baca: Ditolak Mahasiswa, Hanya Satu Solusi Jitu Agar Presiden Jokowi Tetap Dipercaya

Baca: Liverpool Bisa Cetak Dua Rekor Baru Sekaligus di Liga Inggris Bila Raih Tiga Kemenangan

Kecelakaan tersebut sempat membuat lalu lintas macet dan jalan tol yang menghubungkan Changchun dengan Shenzhen itu sempat ditutup.

Jalan tol kembali dibukan delapan jam setelah kecelakaan, setelah operasi penyelamatan dan evakuasi korban selesai.

Kecelakaan lalu lintas yang mematikan dengan jumlah korban tewas tinggi sering terjadi di China, di mana peraturan lalu lintas kerap dilanggar dan tanpa penindakan keras.

Menurut catatan pihak berwenang, sebanyak 58.000 orang telah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh penjuru China pada 2015, angka terkini yang tersedia.

Pelanggaran peraturan lalu lintas disebut menjadi penyebab untuk hampir 90 persen jumlah kecelakaan yang menyebabkan kematian maupun korban cedera pada tahun itu.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved