Berita Banjarmasin

Maulidan Tampil Balamut Berkolaborasi Krakatau Band di Puncak Acara Anugrah Kebudayaan di Jakarta

Kesenian Balamut selama ini dianggap 'sebelah mata' dan ketinggalan zaman, sehingga kurang diminati anak muda di Kalsel.

Maulidan Tampil Balamut Berkolaborasi Krakatau Band di Puncak Acara Anugrah Kebudayaan di Jakarta
Istimewa
Muhammad Maulidan Anwar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kesenian Balamut selama ini dianggap 'sebelah mata' dan ketinggalan zaman, sehingga kurang diminati anak muda di Kalsel.

Namun, anggapan itu berhasil dimentahkan Muhammad Maulidan Anwar, palamutan milenial. Lewat kecangkalannya menampilkan kesenian bertutur yang hampir punah diberbagai tempat, malah menghantarkannya akan tampil berkolaborasi diacara konser nasional bersama grup band ternama asal Bandung, Krakatau.

Rencananya kolaborasi itu akan disaksikan Mendikbud RI, pejabat di lingkungan Kemendikbud RI, Kementerian atau lembaga terkait serta media massa nasional.

"Kemarin saya mendapat surat dari Kemendikbud RI diminta tampil Balamut berkolaborasi dengan Krakatau Band diacara penyematan Anugrah Kebudayaan Nasional di Jakarta, Kamis (10/10/2019) malam," kata Maulidan, Minggu (6/10).

Baca: Artis Dangdut Academy Ditangkap Bersama Temannya, Diduga Konsumsi Sabu Sebanyak Ini

Baca: KRONOLOGI Seorang Perempuan di Balangan Digoyang Teman Suaminya di Malam Gelap

Baca: VIRAL, Video Emak-emak Nekat Ngebut dengan Motornya di Tol Gunung Sari Surabaya

Menurut remaja kelahiran Banjarmasin, 24 Mei 2003 lalu ini, dirinya tak menyangka sama sekali bisa berkolaborasi dengan band yang dimotori Dwiki Darmawan dan kawan-kawan.

Mengingat akan tampil bersama dengan Krakatau yang pernah tampil di Eropa, Amerika, Kanada, Asia bahkan Amerika Latin ini, Maulidan pun mempersiapkan diri dengan latihan rutin Balamut di rumah.

"Saya akan berusaha tampil maksimal, sehingga bisa mengangkat Balamut di nasional," jelasnya.

Siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 7 Banjarmasin ini masih belum mengetahui secara persis bentuk kolaborasinya. "Setelah saya di Jakarta, baru dibicarakan bagaimana bentuk kolaborasinya. Saya pun diminta membawa sendiri properti terbang," tandasnya.

Maulidan pun mengaku sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Krakatau Band. Sebelum tampil di Jakarta, Maulidan pun Balamut di acara tradisi Tari Manopeng di Banyiur, 22 September 2019 dan Festival Kampoeng Banjar di samping kediaman Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Apalagi mempelajari Balamut dari Maestro Balamut Gusti Jamhar Akbar tahun 2017 atau masih kelas IX SMP.

Krakatau adalah nama sebuahkelompok musik jazz-world music Indonesia yang berdiri 1985 sampai sekarang. Mantan personel Band Krakatau diantaranya Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Trie Utami, Budhi Haryono & Ruth Sahanaya.

Formasi Krakatau Band sekarang Dwiki Dharmawan, Pra Budi DharmaNya Ina Raseuki (Ubiet), Ade Rudiana, Yoyon Dharsono, Zainal Arifin,Gerry Herb.

Selain berkolabarasi dengan Krakatau Band, Maulidan juga akan mendapat Anugrah Kebudayaan dari Kemendikbud RI, tanggal 10 Oktober 2019. (banjarmasinpost.co.id/ful)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved