Berita Tapin

Kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin Ingin Unit Layanan Paspor di Tapin Jadi Unit Kantor Keimigrasian

Kepala Kantor Imigrasi TPI Banjarmasin Ingin Unit Layanan Paspor di Tapin Jadi Unit Kantor Keimigrasian

Kepala Kantor Imigrasi Banjarmasin Ingin Unit Layanan Paspor di Tapin Jadi Unit Kantor Keimigrasian
DODI KARNIDA UNTUK BPOST GROUP
Kepala Kanim Banjarmasin Syahrifullah turun langsung memantau pelayanan pembikinan paspor, Minggu (13/01/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kepala Kantor Imigrasi TPI Banjarmasin, Syahrifullah meninjau proses pembangunan gedung Unit Layanan Paspor, Senin (7/10/2019) lalu.

Pembangunan fisik Kantor Unit Layanan Paspor di Kabupaten Tapin baru mencapai 80 persen di Jalan By Pass Rantau, Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin.

Namun, Syahrifillah berkeinginan menghadap Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia untuk memproses rencana naik kelas dari Kantor Unit Layanan Paspor menjadi Unit Kantor Keimigrasian Klas III Tapin.

"Saya ingin mengusulkan menjadi Unit Kantor Keimigrasian (UKK) Klas III karena sangat mungkin. Sementara peralatan di Kantor Barabai akan saya pindahkan ke Rantau Tapin," katanya. 

Baca: Andre Gunawan, Eks Polisi Otak Aksi Melarikan Diri dari Lapas Banjarbaru Dimasukkan Sel Mapenaling

Baca: Hari H Pernikahan Luna Maya Disebut Kahiyang Ayu, Mantan Ariel NOAH Ikuti Jejak Mantan Reino Barack?

Baca: Kisah Ruben Onsu Diselamatkan Betrand Peto Saat di NTT Menyeruak, Suami Sarwendah Sempat Ketakutan

Baca: Pengganti Cita Citata Seusai Ngamuk Jelang Manggung, Rekan Zaskia Gotik & Via Vallen Ungkap Ini

Baca: Foto Bebby Fey Tanpa Busanayang Dikirim untuk Atta Halilintar Dibahas Billy Syahputra, Ternyata?

Tentu saja, persyaratan menjadi UKK Klas III Itu, Pemerintah Kabupaten Tapin punya kewajiban menghibahkan fisik gedung dan lahannya serta tambahan lahan halaman.

"Tambahan lahan itu karena menjadi UKK itu akan banyak pengunjungnya yang akan memohon pelayanan paspor dan izin tinggal bagi warga negara asing," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id.

Syahrifullah bersyukur karena Unit Layanan Paspor di Tapin akan segera dihibahkan saat peringatan Harijadi Kabupaten Tapin pada 30 November ini.

Menurutnya, bersamaan di Kabupaten Tabalong akan dibuka Unit Layanan Paspor, karena Pemerintah Kabupaten Tabalong, menyiapkan bangunan eks Kantor Kejaksaan Negeri Tabalong untuk ditempati.

Bagaimana dengan sumber daya manusia yang akan menempati Unit Kantor Keimigrasian Klas III di Tapin, Syahrifullah mengaku teknis itu sudah dibicarakan dengan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin, H Masyraniansyah.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapin siap menghibahkan gedung dan lahan untuk Unit Kantor Keimigrasian.

"Pemerintah Kabupaten Tapin siap dan spontan saja menyerahkan kalau itu harapannya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Tapin," katanya.

Menurut Bupati bertabur penghargaan nasional itu, boleh jadi Pemerintah Kabupaten Tapin akan menyiapkan SDM membantu pengawai di Unit Kantor Keimigrasian Klas III Tapin.

"SDM di Kantor Keimigrasian paling tidak satu orang pegawai minimal menguasai tiga bahasa asing, bahasa inggris, bahasa Arab, bahasa Cina. Kalau bahasa Rantau banyak saja," ujar mantan Ketua DPRD Kabupaten Tapin ini.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved