Life Style

7 Tips Hindari Gangguan Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja yang Sering Shift Malam

Akibat pola tidur yang tidak baik ini bagi yang sering kerja shift malam hari, berbagai masalah kesehatan mungkin akan timbul dalam jangka panjang.

7 Tips Hindari Gangguan Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja yang Sering Shift Malam
kompasiana
Ilustrasi dokter. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - memiliki pola tidur yang teratur merupakan suatu hal yang diidam-idamkan, tapi sulit dilakukan terutama bagi para pekerja yang memiliki sistem kerja shifting atau kerja shift malam.

Terkadang profesi kita menuntut untuk kerja shift malam seperti dokter, perawat, pramugari, pilot, pengemudi, pegawai pabrik, jurnalis, staff percetakan, petugas keamanan, atau penjaga toko 24 jam.

Akibat pola tidur yang tidak baik ini, berbagai masalah kesehatan mungkin akan timbul dalam jangka panjang.

Namun, untuk menghindari hal tersebut ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh Anda yang terikat dengan pekerjaan yang mengharuskan beraktivitas di malam hari, agar kualitas tidur dan kesehatan tetap terjaga.

Baca: Kenali Risiko Diet Air Putih bagi Kesehatan Sebelum Memutuskan Mencobanya

Dikutip dari WebMD, terdapat 7 tips yang dapat diupayakan untuk menghindari gangguan kesehatan akibat bekerja di malam hari.

1. Ambil jeda
Jika memungkinkan jangan bekerja di  shift malam secara berturut-turut, karena hal ini akan membuat Anda kekurangan waktu untuk beristirahat.

Ilustrasi
Ilustrasi (SHUTTERSTOCK)

Ya, meskipun memiliki waktu kosong di saat siang hari, namun akan sulit bagi kita untuk benar-benar beristirahat dan tidak terdistraksi dengan beragam kegiatan lain di luar pekerjaan.

Selain menjeda waktu kerja agar tidak berturut-turut mendapat shift malam, mengambil libur di antaranya juga dapat banyak membantu Anda mendapatkan waktu istirahat yang baik.

2. Hindari perputaran shift

Shift kerja antara siang dan malam yang tidak diputar-putar akan memberi dampak yang lebih baik bagi tubuh Anda.

Halaman
123
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved