Berita Banjarmasin

Raih Peringkt 5 Pra PON di Jakarta, Karateka Kalsel Muhammad Saifa Raih Tiket PON Papua

Bukan hal gampang bagi Saifa, ia masuk dalam kelompok atlet yang di antaranya adalah atlet-atlet Pelatnas karate

Raih Peringkt 5 Pra PON di Jakarta, Karateka Kalsel Muhammad Saifa Raih Tiket PON Papua
ist/Bambang Sugiono
Karateka Kalsel Muhammad Saifa raih juara 3 Pra PON Karate di Jakarta dan raih tiket PON Papua 2020 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Hari pertama Pra PON Cabor Karate, Senin (4/11/2019) sore di Hall Basket, Gelora Bung Karno, Jakarta, membawa kegembiraan bagi insan karate Kalsel. Salah seorang atlet berhasil lolos ke PON di Papua.

Adalah Muhammad Saifa Alim yang mengawali kesuksesan tim karate Kalsel. Karateka dari perguruan Lemkari asal Kandangan, Hulu Sungai Selatan itu bertanding di nomor Kata (jurus) perorangan putra.

Sistem Pra PON Cabor Karate nomor Kata ini menerapkan semi double knock down. Tiap atlet bertanding untuk meraih skor dan memperebutkan peringkat.

Bukan hal gampang bagi Saifa, ia masuk dalam kelompok atlet yang di antaranya adalah atlet-atlet Pelatnas karate.

Baca: Tim Pra Pon Bulutangkis Kalsel ke Kalteng, Ketua Harian PBSI Kalsel Minta Atlet Kalsel Tak Gentar

Babak awal Saifa memainkan Kata Unsu dan mendapat peringkat 2. Babak kedua ia membawakan Kata Gankaku, dapat peringkat 3. Babak keempat bermain Kata Gojushiho Sho dan dapat peringkat tiga.

Saat babak perebutan juara tiga, Saifa membawakan Kata Gojushiho Dai dan beradu hebat dengan Ivan Taher, atlet Jabar yang juga atlet Pelatnas yang membawakan Kata Pappuren. Skor Saifa 23,86, Ivan 24,66.

Secara peringkat, urutan pertama; Zigi Zaresta (NTB), kedua; Erlando (Jambi), ketiga; Ivan Taher (Jabar), tiga ganda; Andi Dasril (Sulsel), lima; Saifa (Kalsel), enam; Detrin (Jateng).

Masuknya Saifa dalam enam besar berarti sudah mengamankan posisinya sebagai atlet yang akan berlaga pada PON Papua mendatang.

Baca: Duet Ram dan Aniq Hasilkan Perunggu di Pra Pon Dancesport di Bali

Ketua Majelis Sabuk Hitam Lemkari Kalsel, Bambang Sugiono, yang menyaksikan langsung pertandingan, menyatakan sebuah prestasi membanggakan telah lolos satu atlet karate Kalsel.

"Semoga pada Pra PON Cabor Karate yang berlangsung tiga hari hingga Rabu besok, akan ada lagi tambahan atlet yang lolos," tandasnya.

S Masriadi dan Ihwan Mustafa, Binpres Lemkari Kalsel yang juga turut menonton, mengatakan, Saifa dihadapkan dengan sejumlah atlet Pelatnas. Syukurnya masih mampu bersaing.

"Peringkat satu, dua, tiga ganda dan enam adalah para atlet berlambang Garuda. Hanya Saifa yang atlet daerah," tandas Ihwan bangga.

Banjarmasin post/khairil rahim

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved