Berita Banjarmasin

Dua Raperda di Propemperda 2019 Dialihkan ke Propemperda 2020

Terbatas waktu pembahasan dan anggaran di SKPD pengusul, dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah

Dua Raperda di Propemperda 2019 Dialihkan ke Propemperda 2020
banjarmasinpost.co.id/acm
Ketua BP Perda DPRD Provinsi Kalsel, H Hormansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terbatas waktu pembahasan dan anggaran di SKPD pengusul, dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2019 ditransfer ke Propemperda 2020.

Hal ini menjadi keputusan Badan Pembentukan (BP) Perda dan Komisi-Komisi DPRD bersama Kepala Biro Hukum Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dijelaskan Ketua BP Perda DPRD Provinsi Kalsel, H Hormansyah, kedua Raperda tersebut yaitu Perda Tentang Penyelenggaraan Pariwisata yang diusulkan Pemerintah Provinsi Kalsel dan Raperda Tentang Pengelolaan Kehutanan inisiatif Komisi II DPRD Provinsi Kalsel.

Wajah Baru Dylan Carr Pasca Kecelakaan, Kondisi Terkini Sohib Suami Irish Bella, Ammar Zoni Disorot

Kata Menohok Anak Iis Dahlia untuk Saiful Jamil Saat Bahas Claudia Santoso, Sentil Eks Dewi Perssik

Penampakan Makhluk Halus Bikin Ashanty Lari, Putri Anang, Aurel Hermansyah Malah Lakukan Ini

Sisanya lima belas Raperda, lima diantaranya sudah ditetapkan menjadi Perda, yaitu Raperda Tentang Perubahan Atas Perda Nomor 6 Tahun 2012 Tentang Retribusi Jasa Usaha, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2018, Perubahan APBD TA 2020 dan Raperda Tentang APBD TA 2020.

Enam lainnya sudah mendapat fasilitasi dalam pembahasan dan akan ditetapkan pada akhir Bulan Nopember dan Desember yaitu Raperda Tentang Rencana Umum Energi Daerah, Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air Provinsi Kalsel, Penambahan Penyertaan Modal Pemprov Kalsel kepada Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah Provinsi Kalsel, Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalsel, Perlindungan Anak Terlantar, Anak Jalanan, Anak Yatim Piatu dan Anak Fakir Miskin serta Raperda Tentang Pemberdayaan Ponpes dan Sekolah Keagamaan.

Sedangkan empat Raperda lainnya akan dibahas dan ditargetkan akan diselesaikan pada sisa waktu Tahun 2019 yaitu Raperda Tentang Pengelolaan Kawasan Kebun Raya Banua, Keamanan Pangan, Pemadam Kebakaran di Kalsel dan Raperda Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

"Dua Raperda tidak tidak bisa dibahas pada TA 2019 ini terkait dengan waktu pembahasan dan juga Anggaran di SKPD pengusul," kata H Hormansyah.

Sedangkan untuk Tahun 2020 berdasarkan Nota Dinas Badan Pembentukan Perda Nomor 08/BPPERDA/DPRD/XI/2019 dan Keputusan Gubernur Kalsel Nomor 188.44/KUM/2019 ditetapkan Propemperda 2020 berisi 20 Raperda.

Dari jumlah tersebut sepuluh Raperda diantaranya diusulkan oleh Pemprov Kalsel dan sepuluh sisanya merupakan inisiatif DPRD Provinsi Kalsel.

Sepuluh Raperda yang diusulkan Pemprov Kalsel yaitu Raperda Tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemprov Kalsel, Rencana Pembangunan dan Pengembangan Perumahan
dan Kawasan Permukiman, Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pokok- Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Perubahan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalsel, Penyelenggaraan Pariwisata, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020 dan APBD Tahun Anggaran 2021.

Sedangkan Raperda yang diinisiasi DPRD yaitu Raperda Tentang Peran dan Tanggung Jawab Ormas Dalam Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Desa Wisata di Provinsi Kalsel, Peternakan Berkelanjutan, Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pemberdayaan UMKM, Pencegahan dan Pemberantasan Peru sakan Hutan Pengelolaan Kehutanan, Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH), Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau Kalsel, Perlindungan Budaya dan Tanah Adat dan Raperda Tentang Perlindungan Masyarakat Lanjut Usia.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved