Tips Sehat

4 Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Tubuh, Bagus untuk Kesehatan Tulang, Jantung Sehat dan Gigi

Susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama pada anak, begitu pula untuk orang dewas, manfaat minum susu juga ada.

4 Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Tubuh, Bagus untuk Kesehatan Tulang, Jantung Sehat dan Gigi
shutterstock
Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Tubuh, Bagus untuk Tulang, Jantung dan Gigi (ilustrasi). 

Peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Dr drg Amaliya menyebut konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah

BANJARMASINPOST.CO.ID - Manfaat minum susu bagi kesehatan tubuh banyak sekali, namun berikut ini hanya diantaranya, termasuk untuk Bagus untuk Tulang, Jantung dan Gigi.

Susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama pada anak, begitu pula untuk orang dewas, manfaat minum susu juga ada.

Sayangnya, konsumsi susu di Indonesia masih sangat rendah menurut Peneliti dari Yayasan Pemerhati Kesehatan Publik (YPKP), Dr drg Amaliya.

Catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, konsumsi susu masyarakat Indonesia pada tahun 2017 hanya berkisar 16,5 liter per kapita per tahun.

Lantas, seberapa besar kah manfaat susu bagi kesehatan?

6 Cara Memilih Susu Formula yang Benar untuk Anak dan Tips Menyajikan Susu Formula yang Tepat

Berikut ini adalah daftar manfaat minum susu bagi kesehatan tubuh baik untuk dewasa maupun anak-anak

1. Manfaat minum susu memelihara kesehatan jantung

Susu sapi merupakan sumber kalium. Peningkatan asupan kalium dan penurunan sodium dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Susu juga membantu pembentukan otot. Susu tidak bisa dijadikan satu-satunya sumber gizi. "Karenanya, setiap pangan olahan harus didampingi sumber nutrisi lain agar lebih seimbang," kata Direktur Registrasi Pangan Olahan BPOM Anisyah.

2. Berat badan sehat merupakan manfaat minum susu

Anggapan susu --terutama susu kental manis, menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas dan dibetes, tidak berdasar. "Tidak ada bukti ilmiah susu kental manis menyebabkan gangguan penyakit," tutur Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Achmad Syafiq. Sebuah penelitian meta analisis mengungkapkan, diet dengan asupan susu dan produk susu mendukung penurunan berat badan, dan menjaga massa otot.

3. Minum susu Menjaga kesehatan tulang

Susu adalah salah satu sumber kalsium. Teratur meminum susu bisa membuat tulang sehat dan kuat. Bahkan asupan susu bagi anak-anak bisa memengaruhi tinggi badan mereka. Selain itu, vitamin D yang biasanya ditambahkan bisa membantu tubuh menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis di masa mendatang atau rakhitis pada masa kanak-kanak.

4. Menguatkan gigi jika Anda minum susu

Kalsium dan fosfor dalam susu sangat penting bagi perkembangan kesehatan gigi anak. Protein penting lainnya dalam susu adalah kasein. Kandungan ini membantu membentuk lapisan tipis di permukaan email gigi.

Inilah manfaat minum susu bagi usia dewasa muda

  • Susu memiliki kandungan gizi alami yang berlimpah yang diperlukan tubuh.
  • Termasuk berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyakit.
  • Penting mengonsumsinya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seberapa Besar Manfaat Susu bagi Kesehatan?" dan 

dan judul "Manfaat Minum Susu bagi Usia Dewasa Muda"

Editor: Royan Naimi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved