Breaking News:

Berita Banjarmasin

SMPN 9 Banjarmasin Minta Standar Nilai Jalur Prestasi PPDB Juni 2020 Diturunkan

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 9 Drs Pahri Mpd menyambut baik kebijakan Mendikbud Nadim Makariem terkait PPDB jalur prestasi 30 persen. .

Penulis: Edi Nugroho | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
KEPALA sekolah (Kepsek) SMPN 9 Banjarmasin Drs H Pahri Mpd 

BANJARMASINPOST.CO.ID. BANJARMASIN - Rencana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang akan menetapkan perubahan mekanisme dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk jalur prestasi dari 15 persen menjadi sampai 30 persen juga disambut baik oleh Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 9 Drs Pahri Mpd.

“Iya positif sekali rencana kuota 30 persen untuk jalur prestasi pada PPDB SMPN pada Juni 2020 mendatang,” kata Pahri, Kamis (12/12/19).

Menurut Pahri, untuk bisa memenuhi kuota hingga 30 persen, maka harus digabungkan antara pemilik prestasi akademik dan non akademik. Sebab, jika panitia PPDB hanya mencari pelajar pemilik rata-rara angka sembilan pada jalur prestasi akademik sangat lah susah.

“Iya susah kami mencari pemilik nilai rata-rata angka sembilan pada jalur prestasi akademik. Untuk, tahun lalu saja kuota jalur prestasi akademik akhirnya banyaj diisi oleh jalur prestasi non akademik seperti prestasi di bidang olahraga silat dan karate,” katanya.

Kalteng Putra Turun Kasta ke Liga 2, Bermain Imbang 0-0 Lawan Persipura

Nadiem Makarim Putuskan Kuota PPDB 30 Persen Jalur Prestasi, Ini Sikap Disdik Banjarmasin

Terminal Baru Resmi Beroperasi, Dishub Uji Coba 5 BRT ke Bandara Syamsudin Noor

5 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Perempuan, Hati-hati Ada Mitos Seputar Air Cucian Beras

Dipaparkannya, selama ini SMPN 9 juga kesulitan mencari lulusan SD pemilik nilai 27 atau rata-rata sembIlan. Jika ditetapkan kuota jalur prestasi hingga 30 persen, maka standar nilai jalur prestasi harus diturunkan yakni pemilik rata-rata angka delapan itu masuk bisa masuk.

“Kalau SMPN 9 mencari lulusan SD itu rangking satu semua tentu susah. Selama ini, kekurangan jalur prestasi akademik jatah rangking satu diisi oleh jalur non akademik,” katanya.

Menurutnya, jika benar kuota 30 persen jalur prestasi akan diberlakukan pada PPDB, maka akan ada peraturan menteri (permen) yang baru dan diturunkan lagi menjadi peraturan wali kota (perwali).

Serahkan 24,47 Gram Sabu ke Petugas yang Menyamar, AR Langsung Diciduk

Sindiran Paula Verhoeven ke Baim Wong Saat Pernikahan Citra Kirana & Rezky Aditya, Marah?

Ini yang Bakal Dilakukan Berry Setelah Menjabat Wakil Bupati HST

“Jadi ada sosialisi lagi dari dinas pendidikan ke guru dan kepsek serta sosialisi dari sekolah ke orangtua soal kuota 30 persen PPDB SMPN Juni 2020 mendatang,” katanya.
(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved