Berita Banjar

KalselPedia : Obyek Wisata di Kabupaten Banjar

Obyek wisata di Banjar antara lain wisata alam, wisata sejarah, wisata religius, wisata budaya, wisata kerajinan dan lainnya.

KalselPedia : Obyek Wisata di Kabupaten Banjar
istimewa/salmah saurin
Hari Budiman seorang pengunjung dari Banjarmasin menikmati keindahan tempat wisata Arinaway, Desa Kiram Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kabupaten Banjar sebagai salah satu dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan memiliki sejumlah obyek wisata antara lain wisata alam, wisata sejarah, wisata religius, wisata budaya, wisata kerajinan dan lainnya.

Wisata Alam

Kabupaten Banjar punya pegunungan yang merupakan ujung selatan dari jajaran pegunungan Meratus.Di kawasan ini ada wisata alam Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Bendungan Riam Kanan, Kiram Park, danau Mandi Kapau, Tambang Nassau (eks tambang batubara peninggalan Belanda).

Objek Wisata Matang Keladan
Objek Wisata Matang Keladan (banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan)

Wisata Sejarah

Bagi yang ingin mengetahui sejarah perjuangan masyarakat Banjar salah satunya ada Gunung Pematon di Kiram yang merupakan benteng pertahanan pasukan kerajaan Banjar dan bekas Benteng Belanda di Tahura Sultan Adam, Mandiangin.

Alumni Fakultas Kehutanan ULM Angkatan 1994 tengah menikmati keindahan di puncak Bukit Besar, Tahura Sultan Adam di Mandiangin, Kabupaten Banjar. Di puncak ini, kini telah berdiri sebuah villa peninggalan Belanda
Alumni Fakultas Kehutanan ULM Angkatan 1994 tengah menikmati keindahan di puncak Bukit Besar, Tahura Sultan Adam di Mandiangin, Kabupaten Banjar. Di puncak ini, kini telah berdiri sebuah villa peninggalan Belanda (Banjarmasinpost.co.id/Hari Widodo)

Wisata Religius

Martapura dikenal dengan sebutan serambi Mekkah. Ya, inilah kota santri dan siapa yang tak kenal dengan sejumlah ulama besar dari kota ini? Salah satunya yang setiap tahun diperingati haulnya adalah almarhum KH Muhammad Zaini Gani atau Guru Ijai yang makamnya di komplek pengajian Sekumpul.

Suasana di bagian dalam kubah makam Guru Sekumpul di Kompleks Musalla AR Raudhah yang dipadati peziarah dari berbagai daerah.
Suasana di bagian dalam kubah makam Guru Sekumpul di Kompleks Musalla AR Raudhah yang dipadati peziarah dari berbagai daerah. (banjarmasinpostco.id/hari widodo)

Wisata Budaya

Kesenian Banjar antara lain rebana. Di Martapura banyak pengrajin alat tetabuhan tersebut yang menghasilkan produk berkualitas. Kita bisa melihat dari dekat proses pembuatan rebana.

Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama Forkopimda Banjar memukul terbang menandai dibukanya Banjar Expo 2019
Bupati Banjar H Khalilurrahman bersama Forkopimda Banjar memukul terbang menandai dibukanya Banjar Expo 2019 (Dinas Kominfo Banjar)

Wisata Kerajinan

Kerajinan paling terkenal dari Martapura adalah penggosokan intan yang banyak hasil gosokannya dijual di sentra batu mulia, Pertokoan Cahaya Bumi Selamat. Kita juga bisa mengunjungi kampung pengrajin perhiasan yang masyarakatnya merupakan penggosok intan secara turun temurun.

Demikianlah beberapa obyek wisata di Kabupaten Banjar yang bisa menjadi referensi saat berkunjung daerah ini.

Rombongan Finlandia dan Estonia Kunjungi Pusat Penggosokan Intan Martapura Binaan KPw BI Kalsel
Rombongan Finlandia dan Estonia Kunjungi Pusat Penggosokan Intan Martapura Binaan KPw BI Kalsel (banjarmasinpost.co.id/mariana)

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved