Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Tanahbumbu 2020, Calon Perseorangan Sudah Minta Password Silon ke KPU

Pilkada Tanahbumbu 2020, Calon Perseorangan Sudah Minta Password Silon ke KPU

Pilkada Tanahbumbu 2020, Calon Perseorangan Sudah Minta Password Silon ke KPU
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Ketua KPU Tanahbumbu Makhruri (empat dari kanan) bersama pihak terkait menekan alarm tanda dilaunching pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanahbumbu tahun 2020. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanahbumbu telah memulai kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Tanahbumbu (Pilkada Tanahbumbu 2020).

Dimulai launching tahapan kontestasi Pilkada Tahun 2020 berlangsung di Gedung Mahligai Bersujud, Kapet dihadiri Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Sarmuji.

Hadir pula Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Tanahbumbu M Thaha, Wakapolres Tanahbumbu Kompol Arief Prasetya SIK dan undangan.

Ketua KPU Tanahbumbu Makhruri SE, ditemui usai kegiatan mengatakan, digelanrya peluncuran sebagai tanda diawalinya tahapan Pilkada, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanahbumbu, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel.

Tak Sependapat dengan Kementan, DPRD Kalsel Tetap Lanjutkan Pembahasan Raperda Pertanian

Video Sarwendah Tepis Tangan Betrand Peto yang Mau Memeluknya, Aksi Istri Ruben Onsu Viral Lagi

Pesan Haru Nikita Mirzani yang Terancam Penjara pada Anaknya, Billy Syahputra Bereaksi Begini

Mendadak, Natasha Wilona Posting Foto Bareng Verrell Bramasta yang Kini Dekat dengan Febby Rastanty

Ulah Citra Kirana di Ranjang Bikin Rezky Adhitya Begini, Erica Putri Malah Ingin Tahu Soal Ini

Dijelaskan Makhruri, berdasarkan PKPU tahapan kontestasi dimulai dari pemberkasan syarat untuk calon perseorangan yang dimulai dari sekarang sampai 24 Februari.

Dilanjutkan verifikasi dukungan, seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk).

"Setelah dinyatakan memenuhi persyaratan, baru bersama-sama partai politik mendaftarkan sebagai calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 16 sampai 18 Juni," jelas Makhruri.

Selanjutnya sebulan kemudian, lanjut Makhruri, sekitar bulan Juli oleh KPU akan menetapkan pasangan sebagai DCT (daftar calon tetap). Baik pasangan calon dari parpol ataupun dari calon perseorangan.

"Habis itu nanti baru pengundian nomor urut. Dilanjutkan bulan Juli-Agustus masuk tahapan kampanye. Setelah kampanye, 23 September pencoblosan dan rekapitulasi," ucap Makhruri.

Meski demikian kontestasi belum berakhir, karena masih ada masa sengketa apabila ada sengketa dalam pemilihan. Waktu sengketa sampai dengan Januari 2021.

"Pada tangal 21 Februari 2021, bupati terpilih akan dilantik," katanya.

Disinggung berapa pasangan nantinya akan bertarung pada pilkada Tanahbumbu. Makhruri tidak bisa memprediksi, namun secara anggaran, kata dia, KPU mempersiapkan untuk lima pasangan calon.

"Kalau memprediksi kami tidak bisa, karena semua masing-masing hak partai politik untuk menentukan. Pada saat saya atau kami memprediksi dua pasangan calon, kami (KPU) sudah intervensi demokrasi," ujarnya.

Tapi yang jelas, masih menurut Makhruri, dari calon perseorangan sudah ada yang meminta pasword Silon di KPU Kabupaten Tanahbumbu. Atas nama Mila Karmila berpasangan dengan Zainal Arifin.

(Banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved