Berita Kabupaten Banjar

Selawatan Sambut Pergantian Tahun 2020 di Martapura, Suasananya Meriah di RTH Ratu Zalecha

Selawatan Sambut Pergantian Tahun di Martapura, Suasananya Meriah di RTH Ratu Zalecha

Selawatan Sambut Pergantian Tahun 2020 di Martapura, Suasananya Meriah di RTH Ratu Zalecha
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Suasana kemeriahan di Alun-alun Raza, Martapura, Selasa (31/12/2019) malam. Jemaah sangat antusias salawatan menyambut pergantian tahun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kemeriahan menyambut pergantian tahun terlihat di seluruh penjuru dunia, Selasa (31/12/2019) malam ini.

Begitu halnya di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Hanya saja suasana kemeriahan yang terperi di Kota Martapura berbeda dibanding daerah lainnya. Pasalnya di daerah ini tidak ada acara tiup terompet untuk menyambut tibanya tahun baru 2020, melainkan diisi acara salawatan.

Kabupaten Banjar memang dikenal sebagai daerah religius di negeri ini. Bahkan Martapura mendapat julukan sebagai Kota Serambi Makkah di Kalimantan Selatan. Sebutan lainnya yakni Kota Santri dan Kota Intan.

Apalagi Bupati Banjar H Khalilurrahman berasal dari lingkungan pondok pesantren yang menguatkan napas Islam dalam penyelenggaraan pemerintahan di Bumi Barakat. Sejak beberapa tahun silam, tiap momen pergantian tahun selalu diisi kegiatan religius terutama salawatan.

Ayahanda Haji Isam Resmikan Kantor Induk Jhonlin Group, Paman Birin: Kebanggan Kalsel

KUMPULAN 41 Kata-kata Mutiara dan Ucapan Selamat Tahun Baru 2020 dalam Bahasa Inggris Lengkap Arti

Fakta Baru Medina Zein Diungkap Ayu Azhari, Soal Narkoba Ibra Azhari, Sang Kakak Sebut Prihatin

"Tahun ini merupakan tahun ketiga bagi kami, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Banjar melaksanakan kegiatan Banjar Bersholawat untuk mengisi malam pergantian tahun," ucap Sekretaris Disbudpar Banjar Aidi Hikmatullah.

Tahun-tahun sebelumnya, jelas Aidi, kegiatan Banjar Bersholawat pada momen pergantian tahun digelar oleh masyarakat umum bersama event organizer. Sejak tiga tahun lalu acara tersebut giliran di-handle Disbudpar Banjar agar gemanya makin kuat.

Lokasi acara, sebut Aidi, tetap sama yakni di alun-alun atau di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha (Raza) di kawasan Jalan A Yani, Martapura, atau berseberangan dengan gedung DPRD Banjar.

"Kegiatannya akan dimulai selepas waktu maghrib. Ada pembacaan Burdah, penampilan Gambus Nasyid, maulid habsyi, dan Japin Marawis. Pak Bupati direncanakan sekitar pukul 21.00 Wita ikut salawatan," jelas Aidi.

Sebelumnya, lanjut Aidi, Bupati bersama unsur Forkominda akan berkeliling ke sejumlah tempat guna memantau kondisi kelancaran lalu lintas dan kamtibmas. Setelah itu rombongan Bupati akan membaur bersama jemaah untuk melakukan salawatan di alun-alun Raza.

Suasana di Alun-alun Raza pun sangat semarak. Jemaah menyesaki ruang terbuka hijau yang persis berada di pusat Kota Martapura tersebut. Mereka sangat bersemangat salawatan dan khuysuuk.

Sementara itu, papar Aidi, Wabup Banjar H Saidi Mansyur direncanakan akan menghadiri kegiatan serupa di Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karangintan. Pemerintah desa setempat menggelar kegiatan Salawatan menyambut malam pergantian tahun.

(banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved