Berita Tabalong

Wujudkan Wirausaha Baru dan Terampil, Bupati Anang Syakhfiani Serahkan Permodalan BPR Tabalong

Bupati Tabalong memiliki target selama kepemimpinannya di periode dua ini bisa menciptakan 10.0000 wirausaha baru dan tenaga terampil.

Wujudkan Wirausaha Baru dan Terampil, Bupati Anang Syakhfiani Serahkan Permodalan BPR Tabalong
banjarmasinpost.co.id/reni kurnia wati
Penyerahan bantuan modal secara simbolis dan melihat hasil produk wirausaha muda 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong memiliki program Jika Belajar Maka Bisa yang disingkat Jika Maka. Program Jika Maka ini menjadi salahsatu program unggulan di Kabupaten Tabalong.

Bupati Tabalong memiliki target selama kepemimpinannya di periode dua ini bisa menciptakan 10.0000 wirausaha baru dan tenaga terampil.

Melanjutkan dalam kepemimpinan sebelumnya yang menargetkan 5000 wirausaha baru dan tenaga terampil dan berhasil mencetak 6.400 orang.

 Dan kali ini untuk menyukseskan Program Jika Maka para wirausaha muda mendapatkan bantuan permodalan dari Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Tabalong dengan bunga nol persen.

Penyerahan secara simbolis ini dilaksanakan langsung oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Gedung Informasi, Kamis (23/01/2020).

Video Proses Relokasi Pasar Bauntung, Verifikasi Data Pedagang Sudah Dilakukan

Bagus Curi Dua Ton Buah Sawit, Uang Jual Sawit Tersisa Rp 17 Ribu

VIRAL Video, Gadis Belia Dibebaskan Berbuat Mesum dengan Banyak Pria, Misinya Cari Suami Idaman Hati

Hamil 9 Bulan, PSK di Banjarmasin Ini Berpakaian Seksi dan Tetap Kerja Layani Pria Hidung Belang

 Awiek Hadi Widodo Pimpinan LKP Pradata Komputer dan LKP Kunang Kunang yang bertempat di Kecamatan Murung Pudak mengatakan bantuan permodalan yang diberikan kepada wirausaha baru ini sangat membantu untuk mengembangkan usaha mereka.

 Jumlah bantuan yang diberikan bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan usaha, pinjaman dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. “Pinjaman tanpa bunga ini berjangka satu tahun dan untuk pembayaran tahap pertama tepat waktu seluruhnya,” ujarnya.

 Bantuan melalui BPR diberikan kepala 70 orang yang tergabung dalam tujuh kelompok dan jenis usaha. Salahsatunya adalah Usaha digital printing Mercusuar di Kecamatan Murung Pudak yang mendapatkan bantuan pinjaman modal Rp 10 juta.

 LKP pradata komputer dan LKP kunang kunga telah berdiri dari 2016 dan sejak 2013 hingga 2019 telah meluluskan peserta sekitar 9 ribu orang.

“Peminatnya memang banyak, dan yang menjadi utama saat mengikuti kursus dan pelatihan adalah membangun pola pikir seluruh peserta agar bisa memiliki jiwa wirausaha yang kuat dengan mengedepankan adab sipan santun barulah kemampuan,” ungkapnya.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memperlihatkan produk usaha para pemuda.
Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memperlihatkan produk usaha para pemuda. (banjarmasinpost.co.id/reni kurnia wati)

 Bupati Tabalong Anang Syakhfiani saat menyerahkan bantuan modal mengatakan Kabupaten Tabalong memang memiliki sumber daya alam, namun tidak bisa hanya bergantung pada sektor pertambangan yang bisa habis. Karenanya dengan menciptakan wirausaha baru dan tenaga terampil warga Tabalong akan lebih bisa bersaing dalam ekonomi kreatif.

 Terlebih dengan rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur, Tabalong bukan hanya sebagai Kabupaten Penyangga namun juga sebagai pengusaha yang banyak mengirimkan berbagai produk ke ibukota.

Terjawab Sudah, Virus Corona China Ternyata Berasal dari Ular, Begini Penjelasan Hasil Studi

Postingan Mulan Jameela di IG Malah Disorot, Mantan Teman Duet Maia Estianty Bagi Aktivitas di DPR

Risau Penghapusan Honorer, Pegawai BLUD RSUD Idaman Pertanyakan Rencana Pengangkatan PPPK

 “Generasi muda yang masih memiliki semangat tinggi untuk menangkap peluang usaha dan terus berkembang menjadi pengusaha besar, semua berproses dan memiliki usaha sendiri itu pendapatannya tidak terbatas,” ujarnya.

 Usai penyerahan bantuan permodalan, Anang juga melihat produk hasil wirausaha muda diantaranya bidang kuliner, design graphic, percetakan sablon, peternakan, hidropinic dan barber. (banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved