Wabah Virus Corona

Caranya Mudah, Tutorial Membuat Masker Kain Tiga Lapis Mencegah Virus Corona

Berdasarkan penelitian, menurut Ketua Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19, masker kain 3 lapis efektif menangkal virus corona

BANJARMASINPOST.CO.ID/SYAIFUL ANWAR
Tim produksi SMKN 4 Banjarmasin sedang membuat masker tim medis di tengah masa pandemi Virus Corona di Kalimantan Selatan, Rabu (8/4/2020). 

EDITOR : Rahmadhani

BANJARMASINPOST.CO.ID - Masker kain tiga lapis, yang bisa dibuat sendiri karena mudah caranya, kini jadi salah satu solusi pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Sesuai anjuran Badan Kesehatan Dunia atau WHO, pemerintah mengharuskan seluruh masyarakat Indonesia menggunakan masker kain 3 lapis ketika berada di luar rumah.

Ketua Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, melalui tayangan Youtube BNPB Indonesia, Minggu (5/4/2020), menunjukkan sebuah masker yang terbuat dari kain polos.

Meski tak menjelaskan secara rinci masker 3 lapis itu, dari bentuk yang ditunjukkan seperti masker kain dengan filter yang belakangan banyak diproduksi.

Masker Kain Hanya Efektif Dipakai 4 Jam Tangkal Virus Corona, Simak Cara Merawatnya

Masker itu terdiri dari dua lapis kain dengan bagian tengah yang bisa diselipkan tisu sebagai filternya. Tisu ini bisa diganti setiap saat.

Berdasarkan penelitian, menurut Wiku, masker kain 3 lapis efektif menangkal virus.

"Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen," kata Wiku seperti dikutip dari akun Youtube BNPB Indonesia, Senin (6/4/2020).

Bisa Dicuci

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan masker kain adalah secara rutin menggantinya dan mencucinya setelah pemakaian.

Halaman
1234
Editor: Rahmadhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved