Breaking News:

Wabah Virus Corona

3 Jenis Obat Virus Corona, Obat untuk Covid-19 Ternyata Tak Semua Sama

Ini 3 Jenis Obat Virus Corona, Obat untuk Covid-19 Ternyata Tak Semua Sama

Editor: Rendy Nicko
Stocktrek Images/Getty Images
Ini 3 Jenis Obat Virus Corona, Obat untuk Covid-19 Ternyata Tak Semua Sama 

Editor: Rendy Nicko
BANJARMASINPOST.CO.ID - Hingga saat ini, berbagai instansi pemerintah dan industri sedang berusaha membuat obat yang akan digunakan untuk menangani penyakit Virus Corona baru penyebab Covid-19.

Pakar sains dari AIM Biologicals Groups, Dr Fadhil Ahsan mengatakan bahwa pembuatan dan penggunaan obat Virus Corona untuk Covid-19 ini memiliki kategori yang berbeda-beda.

Tidak semua obat yang disebutkan untuk Covid-19 memiliki fungsi atau target sasaran yang sama terkait virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Jawaban Soal SD SMP SMA Jumat 22 Materi Belajar TVRI Dari Rumah Tak Ada, Cerita Si Kumbi Anak Jujur

Cara Aktifkan Promo Telkomsel dan XL Mulai 10 GB Hanya Rp 10 Ribu, Kuota Gratis Indosat 30 GB Ada

Fadhil menyebutkan bahwa setidaknya, ada tiga strategi atau mekanisme kerja obat antivirus untuk Covid-19 ini.

1.Menghambat masuknya virus

Pada mekanismenya, obat-obatan yang memang difungsikan dalam kategori menghambat masuknya virus, akan bekerja untuk memblokir masuknya virus ke dalam sel.

"Seperti sistem terapi plasma konvalesen, yang difungsikan untuk memblokir virus-virus SARS-CoV-2 sehingga tidak masuk ke sel-sel paru," kata Fadhil dalam diskusi daring bertajuk Riset dalam Menemukan Vaksin dan Obat Anti Covid-19, Jumat (15/5/2020).

Contoh obat kategori ini adalah cocktail antibodi yang dipilah dari plasma konvalesen dan kemudian diperbanyak. Jadi, target sasaran pengobatannya lebih spesifik lagi, utamanya adalah spike protein dari virus tersebut.

Selain cocktail antibodi, frontiler obat antivirus lainnya yang berfungsi untuk menghambat masuknya virus ke dalam sel adalah APNO1 (rekombinan ACE-2) dan DAS181 (rekombinan sialidase atau nebulized).

2. Menghambat replikasi virus

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved