Wisata Perkantoran Pemprov Kalsel

Tersedia Aneka Jajanan Rakyat bagi Pengunjung Gubernuran Kalsel

Pedagang Kaki Lima (PKL) banyak terdapat di Gubernuran Kalsel sehingga warga mudah menikmati kulier setelah beraktivitas.

BANJARMASINPOST.CO.ID/SALMAH SAURIN
Di akhir pekan, PKL berjualan di lingkungan lapangan yang ada di kawasan Kantor Setda Pemprov Kalsel atau Gubernuran (GB). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Lapangan di seberang Kantor Setdaprov Kalimantan Selatan ( Kalsel ), Kota Banjarbaru, menjadi tempat berolahraga masyarakat setiap akhir pekan.

Sejumlah PKL pun banyak berjualan di sana, sehingga warga yang baru menyelesaikan kegiatan berolahraga, bisa melepas dahaga atau mengisi perut.

Sejak lima tahun lalu, kawasan yang disebut juga GB (Gubernuran) ini menjadi tujuan PKL berjualan. Sebelumnya, para pedagang berjualan di tepi jalan sekeliling bundaran kantor Setdaprov Kalsel.

Saat itu, hampir sekeliling bundaran, terisi PKL. Namun sekarang, posisi berjuakan lebih ditata, PKL hanya di tepi jalan dekat lapangan seberang Kantor Setdaprov Kalsel.

Di masa wabah virus corona atau Covid-19 sekarang ini, kawasan setempat terpaksa ditutup pemerintah karena tidak boleh ada masyarakat berkumpul, maka  PKL pun libur berjualan di sana.

Mau Refresh? Gampang, Banyak Jalan Menuju Gubernuran Kalsel

Senangnya Berpeluh Keringat Keliling Bundaran GB Kalsel

Sekarang setelah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berakhir secara bertahap mulai banyak lagi masyarakat berolahraga di akhir pekan yang diiringi hadirnya lagi para PKL.

Yanto, pedagang minuman segar, mengatakan, ia setelah PSBB mulai banyak masyarakat berolahraga dan ia pun kembali berjualan, namun saat ini jumlah pedagang yang kembali mencari rezekk di sana masih sedikit.

"Saya dalam kondisi normal biasanya pagi jualan di sekolahan. Kemudian sore setelah orang pulang kantor berjualan di sini, tapi rutinnya saat Minggu pagi," ujarnya.

Saat Minggu pagi ia datang ke GB sejak pukul 06.00 dan pulang setelah pukul 10.00 Wita. Hal sama juga dilakukan beberapa PKL lainnya.

"Dalam suasana normal, pengunjung banyak, pendapatan pun cukup lah. Kalau untuk saat ini masih bertahap, sebab pengunjung juga belum banyak'" tandasnya.

Selain penggiat olahraga, Yanto juga melayani para pembeli dari kalangan pengunjung yang sekedar bersantai untuk rekreasi.

(Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved