Breaking News:

Berita Jakarta

5 Cara Ini Bikin Tagihan Listrik di Rumah Kamu Tidak Membengkak

Lima tips ini bisa dilakukan di rumah agar pengeluaran bulanan untuk listrik bisa ditekan seminimal mungkin

Editor: Didik Triomarsidi
Shuterstock
Ilustrasi meteran listrik. 

Editor : Didik Trio Marsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Baru-baru ini, masyarakat di Indonesia banyak mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak sejak beberapa bulan terakhir.

PT PLN sendiri berkali-kali mengklaim, tak ada kenaikan tarif dasar listrik sejak tahun 2017.

Perusahaan setrum negara ini menyebut, kenaikan tagihan listrik pelanggan terjadi karena konsumsi listrik yang melonjak saat PSBB maupun sebagian masyarakat yang memilih bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Terlepas dari tarif dasar listrik yang ditetapkan PLN, masyarakat sebaiknya perlu menerapkan pola hemat dan bijak dalam penggunaan energi untuk menghemat pemakaian listrik di rumah.

Mobilnya Masuk Jurang, Wanita Muda Ini Kaget Lihat Ada Sosok Mayat Lain di Mobil Datsun

Jadwal Napoli Vs Inter Milan Semifinal Coppa Italia, Live TVRI Minggu 14 Juni dini hari

Harga Emas Antam Naik Rp 14.000, Ingin Jual Harganya Rp 791.000 Per Gram

Berikut 5 tips yang bisa dilakukan di rumah agar pengeluaran bulanan untuk listrik bisa ditekan seminimal mungkin (tips hemat listrik):

1. Cabut kabel dan sebaiknya hindari penggunaan mode stanby

Mungkin Anda termasuk salah satu yang seringkali membiarkan perangkat charger gadget dibiarkan tersambung dengan lubang colokan listrik. Ada baiknya, jangan teruskan kebiasaan ini.

Meski tak digunakan atau dalam keadaan mati, pengisi daya yang masih tertancap di saklar tetap teraliri listrik. Listrik ini terbuang sia-sia. Meski jumlah daya yang digunakan relatif kecil, namun dalam waktu berjam-jam, ada daya cukup besar yang terbuang percuma.

Listrik yang terbuang bisa lebih besar jika ada lebih dari satu penghuni rumah yang melakukan kebiasaan buruk ini. Hal ini tentu bisa menambah beban tagihan listrik di rumah untuk cara menghemat listrik.

Selain itu, hilangkan kebiasaan menggunakan mode stanby untuk perangkat elektronik seperti komputer rumah atau televisi. Dalam keadaan stanby, perangkat elektronik terus mengonsumsi daya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved