Wisata Virtual Kalsel

Berkunjung ke Wisata Kerbau Rawa di Desa Banuaraya Bati-bati Tanahlaut, Lihat Kerbau Bisa Berenang

Ternyata, wisata serupa juga ada di Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan di Desa Banuaraya, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanahlau

Editor: Royan Naimi

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Wisata kerbau Rawa di Paminggir, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kalimantan Selatan sudah terkenal secara nasional. Ternyata, wisata serupa juga ada di Kecamatan Daha Utara, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan di Desa Banuaraya, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanahlaut.

Kerbau rawa di Desa Banuaraya adalah usaha turun temurun warga desa setempat. Kini menjadi daya tarik wisata, utamanya oleh pelancong wisata.

Sekarang sering orang berkunjung ke sana. Mereka datang untuk berfoto, apalagi ketika musim kemarau karena bisa menuju bagian tengah kandang.

Ada sekitar 14 peternak kerbau rawa di Desa Banuaraya, satu diantaranya Khairil. Setiap hari ada jadwal dari 14 orang itu untuk mengeluarkan dan memasukan kerbau kembali.

Pagi itu, kerbau yang masih di dalam kandang nampak berceburan di perairan. Pasalnya, memasuki musim kemarau, hanya beberapa bagian yang masih terdapat air. Sisanya kering dan lembab, sehingga kerbau rawa pun seolah enggan berkumpul di daratan.

Kala suara Khairil memanggil para kerbau itu serta menyediakan rumput untuk makannya, puluhan kerbau langsung menyerbu warga Benuaraya ini.

Tentunya kondisi kandang sudah dibuka oleh sang pawang, yakni Irusna sendiri, sehingga kerbau lebih mudah untuk keluar kandang.

Secara otomatis, seolah menjadi rutinitas dan tanpa aba-aba, puluhan kerbau tersebut berlarian keluar kandang, melintasi gubangan air yang berada tepat di pintu kandang tersebut.

Lantas, kandang yang sebelumnya dihuni puluhan kerbau itupun langsung kosong. Ia juga menyampaikan kalau para kerbau yang jinak itu cukup bersahabat. Bahkan ada yang bisa dinaiki.

Halaman
1234
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved