Indahnya Matang Keladan

Bukit Matang Kaladan, Pariwisata Unggulan di Kalimantan Selatan

Objek wisata Matang Kaladan di Kalsel saat ini kian banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara,

Banjarmasinpost.co.id/Stanislaus Sene
WISATA-Spot-spot foto di puncak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJAR - Objek wisata Matang Kaladan di Kalsel saat ini kian banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, lantaran menyajikan keindahan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Matang Kaladan merupakan sebuah gunung yang secara teritorial terletak di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, yang mulai dikenal dan ramai dikunjungi para pelancong sejak tahun 2015 lalu, setelah foto pemandangan yang sekilas mirip Raja Ampat ini viral di media sosial.

Tidak hanya menyajikan keindahan panorama pemandangan dari ketinggian saja, perjalanan untuk mencapai puncak Matang Kaladan juga sangat menantang pendaki.

Warga Sering Melihat Harimau Melintas Menghilang Tanpa Bekas

Jika berangkat dari Kota Martapura, Ibukota Kabupaten Banjar, wisatawan harus menempuh perjalanan darat sekitar 30 menit menuju dermaga Desa Tiwingan Lama.

Akses jalan ke sana, saat ini sudah beraspal mulus dan jalurnya besar. Hal tersebut kian memudahkan wisatawan yang datang menggunakan mobil atau sepeda motor untuk bisa tiba ke dermaga Desa Tiwingan Lama di lokasi Waduk PLTA Riam Kanan.

Dari dermaga Desa Tiwingan Lama, barulah rute menantang dimulai. Wisatawan harus mendaki tebing curam dengan menapaki ribuan anak tangga setinggi 400 meter. Warga sekitar biasa menyebutnya dengan perjalanan cinta seribu anak tangga.

Selama mendaki dengan menapaki ribuan anak tangga dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, wisatawan sudah disajikan pemandangan menakjubkan seperti dapat menyaksikan aktivitas ilir mudik perahu motoryang menjadi alat transportasi utama warga sekitar dalam mengarungi Waduk Riam Kanan.

Jadwal Pertandingan Sisa Real Madrid & Barcelona di Liga Spanyol, Menuju Juara La Liga

Ditambah lagi keberadaan keramba apung yang berjejer di atas waduk tersebut, tempat para penduduk setempat menggantungkan hidupnya menjadi petambak ikan air tawar jenis ikan mas dan nila.

Namun, bagi wisatawan yang malas mendaki anak tangga, di sana juga sudah disiapkan ojek motor. Cukup merogoh kocek Rp 20.000, ojek motor siap mengantar pendatang mencapai puncak Matang Kaladan, tanpa harus merasakan lelah dan meneteskan keringat. (Banjarmasinpost.co.id/Stan)

Penulis: Stanislaus Sene
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved