Breaking News:

Air Terjun di Belantara Tabalong

VIDEO Menelusuri Air Terjun Tersembunyi di Belantara Tabalong

Potensi wisata alam dengan pemandangan yang eksotis banyak terdapat di belantara wilayah utara Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Potensi wisata alam dengan pemandangan yang eksotis banyak terdapat di belantara wilayah utara Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Selain ada terdapat goa dan jeram, air terjun dengan berbagai bentuk juga cukup banyak bisa didapati.

Selain yang sudah dikelola dan sering mendapat kunjungan masyarakat, air terjun ini juga masih banyak yang lokasinya tersembunyi.

VIDEO Pemusnahan Narkoba, Tersangka Saksikan 278 Gram Sabu Diblender

VIDEO Empat Jabatan Penting di Tala Lowong, Begini Upaya BKD

"Iya di Tabalong masih banyak potensi wisata yang belum banyak diketahui orang, terutama air terjun yang berbagai bentuk dan rata-rata di dalam hutan," kata anggota Ikatan Pecinta Alam Tabalong (Ikapata) Haris Fadillah.

Haris dan kawan-kawan selama ini termasuk yang sudah sering keluar masuk hutan untuk mendatangi potensi keindahan alam Tabalong.

Dimana baru-baru tadi mereka juga melakukan perjalanan ke hutan yang ada di Desa Panaan untuk mendatangi air terjun Tangkum 1, Tangkum 2 dan Tangkum 3.

Dengan naik sepeda motor dari Kota Tanjung menempuh perjalanan sekitar dua jam untuk sampai ke Desa Panaan.

Dari Desa Panaan kemudian menyusuri hutan dengan jalan kaki sekitar 30 menit baru bisa menjumpai Air Terjun Tangkum 1.

Air terjun Tangkum 1 ini tingginya sekitar 15 meteran dengan lebar sekitar 10 meteran, posisi air terjunnya vertikal dengan dikelilingi banyak tanaman lokal.

"Lalu bila melanjutkan perjalanan sekitar satu jam maka akan sampai di Air Terjun Tangkum 2 dan bila lanjut lagi berjalan sekitar 30 menit akan sampai di air terjun Tangkum 3," kata Haris.

Air terjun Tangkum 1, 2 dan 3 ini walaupun berada di satu wilayah, namun ketiganya menawarkan pesona yang berbeda.

Disarankannya juga agar mendapatkan curah air terjun yang maksimal maka sebaiknya datang jangan pada saat musim kemarau.

(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved