Berita Kalteng

Kebakaran di Permukiman Padat Flamboyan Palangkaraya, 9 Rumah Terbakar

Kebakaran terjadi di kompleks permukiman padat penduduk di Kawasan Flamboyan Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Palangkaraya

polsek pahandut
Kebakaran terjadi di Kawasan Permukiman padat penduduk Flamboyan bawah sekitar Kantor Plaza PT Telkom di Jalan Ahmad Yani Palangkaraya, Kamis (23/7/2020) malam. 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASIINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Kebakaran terjadi di kompleks permukiman padat penduduk di Kawasan Flamboyan Kelurahan Pahandut Kecamatan Pahandut Palangkaraya, Kamis (23/7/2020) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Belum diketahui persis penyebab kebakaran, namun api tiba-tiba saja membesar di salah satu rumah warga yang di kawasan tersebut.

Api dengan cepat melahap sekitar sembilan bangunan rumah yang rata-rata terbuat dari bahan kayu.

Kebakaran di lokasi padat penduduk kawasan bantaran Sungai Kahayan ini, sudah beberapa kali terjadi, sejak dahulu.

Kesedihan Ashanty Terobati, Akhirnya Suteng Kembali dan Ucap Perkataan Menyentuh

BLACKPINK Siap Rilis Single Baru Lagi, Nama G-Dragon dan Ariana Grande Disebut

Karena kawasan ini, padat penduduk, petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api lantaran mobil pemadam sulit menjangkau lokasi titik api, namun sekitar satu jam api berhasil dipadamkan.

"Kami memadamkan hanya menggunakan alat mesin pemadam portable, sebab untuk mobil pemadam kesulitan masuk hingga ke lokasi titik api, terutama masuk ke dalam gang permukiman warga, sehingga posisi mobil damkar agak jauh," ujar Rusli salah satu petugas pemadam swakarsa.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran tampak berada di sekitar lokasi kawasan yang terbakar, warga sekitar pun tampak panik dan berusaha menyelamatkan barang yang ada di di rumah yang belum terbakar sekitar lokasi kebakaran.

"Kami kaget api tiba-tiba membesar, sehingga kami berusaha menyelamatkan barang yang bisa diselamatkan," ujar Reza salah satu warga Flamboyan.

Sementara itu, Kapolsek Pahandut Polresta Palangkaraya Kompol Edia Sutata, beserta anggota yang lokasi markas Polsek berada tak jauh dari lokasi kebakaran juga berada di TKP sekitar Kantor Plaza PT Telkom Jalan Achmad Yani, untuk membantu warga setempat dan mengamankan lokasi kebakaran.

Kapolsek mengatakan, pihaknya berusaha memberikan pertolongan terhadap warga dan melakukan pengamanan sekitar lokasi kebakaran." Api yang muncul memang sangat cepat membesar karena sebagian besar rumah warga terbuat dari kayu ditambah angin cukup kencang," ujarnya.

Namun, berkat kesigapan petugas pemadam kebakaran, Polsek Pahandut, Personel Direktorat Samapta Polda Kalimantan Tengah dibantu masyarakat sekitar, dan petugas pemadam kebakaran lainnya yang turun ke TKP, lokasi kebakaran tersebut, berhasil memadamkan sekitar satu jam.

Polisi belum bisa menyimpulkan penyebab kebakaran karena masih melakukan penyelidikan dan memintai ketetangan sejumlah pihak.

"Kami masih memintai keterangan sejumlah pihak untuk melakukan penyelidikan penyebab dan asal titik kebakaran, petugas masih bekerja," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved