Berita Banjarmasin

Gudang Beras Muara Kelayan Banjarmasin Dipindah, Pengusaha Minta Dermaga

Gudang beras di Muara Kelayan Banjarmasin terlanjut dipindah sedangkan proyek siring batal, pedagang kesusahan angkut beras dari tepi sungai ke gudang

BANJARMASINPOST.CO.ID/MUHAMMAD RAHMADI
Lokasi Pasar Beras Muara Kelayan di bantaran Sungai Martapura, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), telah dibongkar membuat pedaang kesulitan mengangkut beras dari perahu ke lokasi gudang yang baru, Sabtu (1/8/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebagian gudang beras di kawasan Muara Kelayan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan ( Kalsel ), dipindah. Sebabnya, di kawasan setempat akan ada proyek pembangunan siring.

Dampaknya, aktivitas distribusi beras menjadi tersendat. Hal tersebut di karenakan tidak ada akses dermaga untuk tempat singgah perahu pembawa beras yang datang dari berbagai daerah sekitar Kota Banjarmasin.

Untuk itu, H Rahman, pengelola Pasar Beras Muara Kelayan, Kota Banjarmasin, mengharapkan agar pemerintah bisa membuatkan dermaga untuk memperlancar distribusi beras. 

Karena kebanyakan, pengangkutan beras memakai moda transportasi air.  "Ya kalau bisa adalah dibangun dermaga," kata Rahman kepada Banjarmasinpost.co.id. Sabtu (1/8/2020).

Proyek Pembangunan Siring Muara Kelayan Batal, Sebagian Gudang Beras Sudah Pindah

Pembangunan Siring Jalan Pasar Pagi Muara Kelayan Banjarmasin Ditunda, Pembebasan Lahan Tetap Jalan

Rusunawa Muara Kelayan Sepi Peminat, Pemko Banjarmasin Perpanjang Waktu Pendaftaran

Agar distribusi beras tetap berjalan, para pedagang membuat dermaga darurat yang letaknya tidak jauh dari lokasi gudang beras yang baru.

Sebelumnya, gudang beras tersebut tidak memerlukan dermaga karena letaknya yang berada di bantaran Sungai Martapura,  Muara Kelayan. Proses distribusi langsung dilakukan ke gudang-gudang tersebut.

Namun sekarang, lokasi gudang baru berada di seberang jalan. Ini membuat para pedagang cukup kerepotan untuk memindahkan beras dari atas kapal menuju gudang.

"Kalau tidak ada dermaga nanti seperti apa proses bongkar muat, karena itu keberadaan dermaga penting untuk mendukung proses distribusi," tambah Rahman.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

Penulis: Muhammad Rahmadi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved