Breaking News:

Ekonomi dan Bisnis

Mulai Pukul 07.00 WIB Penukaran Uang Rp 75.000 Kolektif Dibuka, Akses ke https://pintar.bi.go.id

Sejak pukul 07.00 WIB penukaran uang baru Rp 75.000 secara kolektif dibuka, caranya mudah Akses ke https://pintar.bi.go.id

ANTARA FOTO/OKY LUKMANSYAH
Sejumlah warga menunjukkan uang baru pecahan Rp 75.000 saat penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia di Kantor Perwakilan (Kpw) Bank Indonesia (BI), Tegal, Jawa Tengah, Selasa (18/8/2020). Kpw BI Kota Tegal menyediakan sebanyak 1,3 juta lembar uang baru pecahan Rp 75.000 untuk ditukarkan warga dengan syarat daftar online dan menunjukkan KTP elektronik. 

Editor : Didik Trio Marsidi
BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Kabar gembira bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki uang baru Rp 75.000, pasalnya Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang rupiah khusus dalam rangka peringatan HUT ke-75 Tahun RI secara kolektif.

Permohonan penukaran uang secara kolektif ini bisa dilakukan mulai hari ini, Selasa (25/8/2020) pukul 07.00 WIB di aplikasi https://pintar.bi.go.id.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim mengatakan, layanan penukaran uang secara kolektif bakal diberikan kepada kementerian/lembaga (K/L), instansi termasuk Pemda, korporasi BUMN maupun swasta, asosiasi/perkumpulan, dan masyarakat keseluruhan.

Tiap satu orang dapat menyertakan kolega baik keluarga maupun temannya dengan kuota minimal 17 orang.

Uang Baru Rp 75.000 Terus Diburu, Mau Mendapatkannya? Catat Bank, Kapan serta Syaratnya

Penyaluran Subsidi Gaji Karyawan Rp 2,4 Juta Ditunda, Pemerintah Sebut Masalah Data Jamsostek

RAHASIA Uang Rp 75.000, dari Heboh Baju Adat China, Soal Redenominasi hingga Sulit Dipalsukan

Misalnya, sebuah pegawai korporasi bisa melakukan penukaran kolektif minimal 17 orang cukup dengan mencantumkan satu nomor induk pegawai (NIP). Namun tiap orang yang melakukan penukaran wajib menyertakan KTP-nya masing-masing.

"Jadi misalnya ada perkumpulan masyarakat Sumatera Selatan di Jakarta, ada anggota 100 orang. Silakan. Boleh lebih, semakin banyak semakin bagus. Masyarakat juga boleh berhimpun bersama untuk mengajukan permohonan kolektif, misalnya dalam 1 RT atau 1 RW," papar Marlison dalam konferensi video, Senin (24/8/2020).

Mekanisme penukaran

Ada beberapa mekanisme yang perlu diperhatikan untuk menukarkan uang secara kolektif.

Pertama, masyarakat yang hendak menukarkan uang secara kolektif harus mengunduh formulir di website pintar dan mengisinya. Cantumkan semua daftar peserta kolektif minimal 17 orang beserta nomor KTP-nya.

"Setiap masyarakat menunjuk 1 pihak yang akan mewakili mereka untuk menukar ke Bank Indonesia dan menerima UPK tadi secara kolektif," jelas Marlison.

Wujud uang kertas pecahan Rp 75.000 yang diedarkan BI.
Wujud uang kertas pecahan Rp 75.000 yang diedarkan BI. (banjarmasinpost.co.id/mariana)
Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved