Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

VIDEO Pilkada Kalsel 2020, Bapaslon Tes Swab di RSUD Ulin Banjarmasin

Sejumlah pasangan yang maju dalam pilkada serentak di Kalsel 2020 jalani tes swab di RSUD Ulin Banjarmasin untuk deteksi Covid-19.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel Tahun 2020 menjalani pemeriksaan swab di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin, Banjarmasin, Senin (7/9/2020).

Bapaslon H Denny Indrayana dan H Difriadi Darjat di tiba di rumah sakit dan kemudian menjalani pemeriksaan tes swab yang dipimpin spesialis mikrobiologi yang juga dokter penanggungjawab pemeriksaan PCR bapaslon Pilkada Kalsel 2020, dr Munawaroh Pasaribu.

Hanya kurang lebih lima menit, Denny Indrayana dan Difriadi Darjat yang mengenakan kemeja putih lengan pendek serta peci,  selesai tes swab.

Selanjutnya, datang bapaslon H Sahbirin Noor dan H Muhidin. Keduanya mengenakan baju lengan panjang putih dan juga langsung menjalani tes swab.

Setelah itu, masing-masing bapaslon selanjutnya diarahkan ke lantai 6 di RSUD Ulin Banjarmasin untuk menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan sebagai syarat dan tahapan di Pilkada Kalsel 2020.

Dijelaskan dr Munawaroh, pada pemeriksaan swab ini, masing-masing bapaslon diambil sampel cairan lendirnya di bagian nasofaring dan orofaring.

Pilkada Kalsel 2020, Ada Bacalon Positif Covid-19, Isolasi Mandiri Baru Pemeriksaan Kesehatan

8 Bakal Calon Peserta Pilkada Positif Covid-19, KPU Kalsel : Penetapan Menjadi Paslon Tertunda

Diperiksa Swab, 8 Bakal Calon Peserta Pilkada Tahun 2020 di Kalsel Terdeteksi Mengidap Covid-19

Pasien Sembuh Covid-19 Terpapar Lagi Ditemukan di Banjarmasin, Dinkes Sebut Faktor Ini

UPDATE Covid-19 Kalsel: Positif Bertambah 77 Orang, Total 8.837 Orang

Tingkah Unik Balon Kepala Daerah yang Positif Covid-19 Pilkada 2020, dari Isolasi hingga Video Call

"Yang diperiksa sesuai prosedural baru, paslon diyakinkan terinfeksi Covid-19 atau tidak, jadi dilakukan pemeriksaan PCR atau swab kalau yang umum dikenal masyarakat. Diambil sampel swab di nasofaring dan orofaring," katanya.

Selain Denny-Difriadi dan Sahbirin-Muhidin, ada pula beberapa bapaslon lainnya peserta dari tingkat kota atau kabupaten yang juga mengikuti tahapan pemeriksaan serupa.

Pada tahapan ini, para bapaslon difasilitasi komisioner KPU, baik dari KPU Provinsi Kalsel maupun KPU kabupaten atau kota masing-masing.

Di antaranya, Ketua KPU Kalsel Sarmuji dan komisioner KPU Kalsel Edy Ariansyah.

Selain itu, nampak juga komisioner Bawaslu Kalsel Aries Mardiono dan anggota bawaslu kabupaten dan kota yang mengawasi pelaksanaan tes swab para bapaslon.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved