Breaking News:

Berita Kotabaru

VIDEO Kapolres Kotabaru Bekali Anggota Latihan Sispamkota Pilkada Kotabaru

Tidak kurang dari seratus orang anggota di jajaran Polres Kotabaru mengikuti pelatihan simulasi pengamanan kota pilkada Kabupaten Kotabaru

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Tidak kurang dari seratus orang anggota Kepolisian Resor (Polres) Kotabaru, tersebar disemua Polsek mengikuti pelatihan simulasi pengamanan kota (Simpamkota) berlangsung di Aula Polres, Jumat (11/9/2020).

Pelatihan sispamkota yang juga dihadiri Kasat, Kabag, serta seluruh Kapolsek dibuka langsung Kapolres AKBP Andi Adnan Syafruddin SH.SIK. Ada tiga aspek ditekankan dalam simulasi itu antara lain, menciptakan pilkada aman, damai dan sejuk, kontijensi, dan netralitas anggota.

Dalam paparannya Andi Adnan mengatakan, mengumpulkan semua pejabat utama Polres, kapolsek serta para kanit bertugas di masing-masing Polsek selaku ujung tombak.

Diharapkannya tidak hanya pelaksanaan Pilkada berlangsung aman, damai dan sejuk. Namun juga sehat, karena diketahui pelaksanaan pilkada tahun ini berlangsung di tengah situasi pandemik Covid

Maka dari itu, seperti yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 10 tahun 2020 tentang protokol kesehatan seperti sudah dijabarkan secara jelas.

Di antaranya, ketika ditemukan indikasi pelanggaran PKPU tentang protokol kesehatan dalam pelaksanaan tahapan pilkada, Andi Adnan mengingatkan anggota tidak bertindak sendiri. Namun berkoordinasi dengan petugas pengawas pemilu atau pengawas kecamatan.

"Karena yang punya kewenangan soal itu adalah panitia pengawas. Maka dari itu saya minta juga kepada para kapolsek selalu meningkatkan dan maksimalkan koordinasi dengan forkopimca. Kalau anggota dengan PPS dan para kades," pesan Andi Adnan.

Kemudian kontijensi, lanjut Andi Adnan, kontijensi bisa terjadi dan disebabkan dari beberapa faktor. Misal bencana alam, sosial dan masalah yang lain. Anggota bisa mengambil langkah seperti disampaikan dalam pelatihan ini.

Tidak kalah penting dan paling ditekankan Andi Adnan kepada anggota mengikuti pelatihan sispamkota adalah menjaga netralitas.

"Saya pastikan anggota Polres Kotabaru netral dalam pilkada ini. Dan, saya pastikan tidak ada yang bermain politik praktis. Tolong ini dicatat," tegas Andi Adnan.

(banjarmasinpost.co.id/Helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved