Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

H Sahbirin - H Muhidin dan H Denny - H Difriadi Resmi Bertarung di Pilkada Kalsel

Pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Provinsi Kalimantan Selatan yang akan berlangsung pada Desember 2020 nanti telah resmi diikuti dua pasangan calo

Penulis: Irfani Rahman | Editor: M.Risman Noor
irfani rahman
pengumuman Hasil Penetapkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada serentak 2020 di KPU Kalsel, Rabu (23/9/2020) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Provinsi Kalimantan Selatan yang akan berlangsung pada Desember 2020 nanti telah resmi diikuti dua pasangan calon.

Yakni gubernur petahana H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang berpasangan dengan H Muhidin serta pasangan H Denny Indrayana dan H Difriadi. Ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel mengumumkan Hasil Penetapkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada serentak 2020 di KPU Kalsel, Rabu (23/9/2020) siang.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggarakan Pemilihan, Hatmiati yang didampingi beberapa komisioner KPU serta seketaris .
Menurutnya hasil pengumuman ini juga akan disampaikan dalam laman KPU Kalsel danm juga papan pengumuman.

Menurutnya, KPU Kalsel telah mengumumkan daftar Paslon dan batas waktu tanggapan dan masukan masyarakat di laman KPU Kalsel dan media cetak sampai pada 1 hari sebelum berakhir verifikasi dokumen perbaikan yaitu 21 September 2020,

Dimana sampai tanggal tersebut tidak ada tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap daftar paslon dan dokumen pendaftaran bakal bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang disampaikan kepada KPU Kalsel.

Oleh karena itu KPU melakukan verifikasi syarat calon mulai 6 September -12 September dan dituangkan dalam berita acara hasiil penelitian keabsahan dokumen persyarakatan calon dimana pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2020.

Juga BAP hasil penelitian keabsahan dokumen persyarakat calon dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel 2020.

Pihaknya juga memberitahukan hasill verifikasi calon kepada masing-masing bapaslon Gubernur dan Wakil dalam pilkada serentak pada tanggal 13 September 2020 yang selanjutnya diperbaikan dari jadwal 14 september sampai 16 september 2020. Dan juga KPU Kalsel juga menerima perbaikan dokumen calon Gubernur dan Wakil Kalsel . .

Dan telah dilakukan verifikasi perbaikan dokumen calon Gubernur dan Wakil yan gdituangkan dalam BAP hasil perbaikan dan penelitian calon Gubernur dan Wakil.

Melakukan rapat pleno penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel dalam pemilihan serentak 2020 berdasarka hasil verifikasi persyaratan pencalonan dan oersyarakatan bakal calon yang dituangkan dalam BAP No 81/PL.02,2-BA/63/Prov/IX/2020 dan Keputusan KPU Provinsi Kalsel no 73/PL02,2-Kpt//63/Prov/IX/2020 berdasarkan pada ketentuan pasal 68 ayat 1 dan ayat 2 peraturan KPU No9 tahun 2020 paslon sebagai beriut.

Daftar nama-nama pasangan calon gub dan wakil gub dalam piolkada serentak. 2020
Calon Gubernut Atas nama H Sahbirin Noor SSos MH, calon wakil gubernur H Muhidin partai politik / gabungan partai politik pengusung yakni
Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, Partai PDI Perjuanan, Partai Keadilan Sejahtera , Partai Nasdem. Partai Kebangkitan Bangsa.

Dan pasangan calon Gubernur Prof H Denny Indrayana SH LL M , PHd , calon Wakil Gubernur Drs H Difriadi, partai politik / gabungan partai politik pengusung yakni Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Demojkrat dan Partai Persatuan Pembangunan

Ketua Divisi Sosialiasasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat KPU Kalsel, Edy Ariansyah menambahkan
KPU Kalsel telah menetapkan terdapat dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan mengikuti sebagai peserta dalam pemilihan serentak 2020.

Pilkada Kalteng 2020, Kapolda Periksa Pasukan Jelang Pencabutan Nomor Paslon Gubernur

Pilkada Banjar 2020, Tiga Bapaslon Resmi Ditetapkan KPU sebagai Cabup dan Cawabup

"KPU akan mengumumkan hasil penetapkan calon guburnur dan wakil ini dalam laman KPU Kalsel serta dui papan pengumuman KPU Kalsel. Dan bessok akan kita undang semua pasangan calon, partai politik pengusung , tim kampanye, Bawaslu dan pihak terlkait mengikutu proses pengubdian no urut paslon," paparnya.(Banjarmasinpost.co.id/dwi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved