Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Pilkada Kalsel 2020, Bawaslu Tapin Cermati Calon Anggota KPPS

KPU Kabupaten Tapin sedang melakukan seleksi administrasi bagi KPPS untuk melaksanakan proses Pilkada Kalsel 2020.

Penulis: Mukhtar Wahid | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/MUKHTAR WAHID
Thesaa Aji Budiono, Ketua Bawaslu Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tapin akan mengawasi rekam jejak pendaftar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel pada 2020 ini.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Tapin, Thessa Aji Budiono, kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, terkait Pikada Kalsel 2020, Sabtu (24/10/2020).

Lelaki yang akrab disapa Aji itu mengatakan, KPU Kabupaten Tapin sedang melakukan seleksi administrasi bagi KPPS.

"Saya menunggu pengumuman hasil seleksi pendaftar KPPS pada 27 Oktober 2020 nanti. Pasti ada nama-nama KPPS yang diumumkan, itulah yang akan kami teliti," katanya.

Pihak Bawaslu Tapin meminta peran serta masyarakat untuk turut mencermati nama-nama KPPS yang lolos seleksi administrasi nanti, benar-benar memenuhi persyaratan.

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Kuota KPPS di 469 TPS se Tapin Terpenuhi

Baca juga: Rumah Pilkada Kalsel, Walhi dan AMAN Ajak Masyarakat Pilih Pemimpin Peduli Lingkungan

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, KPU Rekapitulasi DPT Pilgub, ini Jumlahnya

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Upayakan Pemeriksaan Covid-19 Para Petugas TPS

Baca juga: Pilkada Kalsel 2020, Paslon Gubernur Kalsel Telah Laporkan Delapan Akun Medsos ke KPU

"Kami biasanya mencermati rekam jejak calon anggota KPPS sebelum ditetapkan KPU Kabupaten Tapin, melalui pengawas di tingkat kelurahan dan desa," katanya.

Sementara itu, KPU Kabupaten Tapin berhasil menjaring seleksi calon anggota KPPS selaku ujung tombak penyelenggara Pilgub Kalsel 2020 pada 9 Desember nanti.

Diketahui, KPPS beranggotakan tujuh orang ditambah 2 orang pengamanan di 469 TPS se Kabupaten Tapin.

Seorang anggota KPU Kabupaten Tapin, Fitria, mengatakan, masyarakat dipersilakan mencermati nama-nama calon anggota KPPS yang lolos seleksi.

Perempuan yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia pada KPU Kabupaten Tapin ini akan meminta klarifikasi tanggapan masyarakat terhadap calon KPPS.

Dia mengatakan, beberapa persyaratan calon anggota KPPS adalah berusia minimal 20 tahun dan maksimal  50 tahun. Itu dibuktikan dengan kelengkapan dokumen fotokopi KTP elektronik.

Syarat lain, tidak menjadi anggota partai politik paling singkat lima tahun atau dibuktikan dengan surat keterangan partai politik yang bersangkutan.

"Kalau calon KPPS ditanggapi masyarakat pernah menjadi anggota partai politik, tim sukses atau saksi partai politik atau saksi pasangan calon, kita minta surat pernyataan dari parpol atau tim sukses pasangan calon," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved