Breaking News:

Berita Banjarmasin

Polda Kalsel Tak Beri Izin Keramaian Tahun Baru, Warga yang Menolak Dibubarkan Akan Diperiksa

Petugas pengamanan tahun baru disiapkan Polda Kalsel dan Korem 101/Antasari untuk mencegah keramaian yang rawan penyebaran Covid-19.

BANJARMASINPOST.CO.ID/IRFANI RAHMAN
Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Irjen Pol Rikwanto, didampingi Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah, saat mengecek pasukan, di Banjarmasin, Rabu (30/12/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Menjaga keamanan dan ketertiban pada malam pergantian tahun, personel Polda Kalimantan Selatan, TNI serta dari pemerintah provinsi mengadakan apel bersama dalam rangka pengamanan tahun baru di kawasan Siring, Kota Banjarmasin, Rabu (30/12/2020) siang.

Apel ini dipimpin Kapolda Irjen Pol Rikwanto, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, serta dihadiri Gubernur H Sahbrin Noor,  Kepala BIN daerah serta pihak terkait lainnya.

Kapolda Irjen Pol Rikwanto dalam sambutannya, mengatakan, dalam rangka pergantian tahun 2020 ke 2021 tiap tahun bisanya akan dirayakan lebih dari biasa, menyalakan kembang api, kumpul keluarga, parade yang intinya semua bersuka cita.

"Namun karena masih mengalami pandemi Covid-19, maka kita berharap di pergantian tahun ini harus dilalui dengan baik dan benar," ujarnya. 

Baca juga: Peta Zona Risiko Covid-19 di Banjarmasin Diperbaharui, Kelurahan ini Sekarang Jadi Zona Merah

Baca juga: 2,1 Kg Sabu Hasil Tangkapan Subdit 1 Ditresnarkoba Polda Kalsel Dibuang ke Septic Tank

Jenderal bintang dua ini pun menegaskan, kehadirran petugas untuk memberikan keamanan, hindari klaster baru Covid-19.

Dan pihaknya dari Polda Kalsel tak ada memberikan izin keramaian, tidak ada kumpul-kumpul, baik klub motor, tidak ada perayaan kembang api .

Pihaknya juga akan menutup beberapa tempat yang biasa berkumpul warga, seperti di Siring  yang biasa sebagai tempat berkumpul masyarakat.

"Jika dibubarkan, tentunya akan ada tersakiti. Maka dari awal, kita tutup," paparnya, seraya menambahkan melalu apel bersama ini meminta agar petugas bersugguh-sungguh dalam tugas dan tetap humanis dan hargai masyakarat.

Baca juga: Prihatin Perempuan 14 Tahun Jadi Korban Pembunuhan di Hotel di Banjarmasin, Pemko Telusuri ini

Baca juga: Diduga Sungai Mengkauk Kabupaten Banjar Tercemar akibat Peti, DLH Kalsel Ambil Sampel Air

Sementara itu Danrem Brigjen TNI Firmansyah berharap kepada petugas agar bekerja dengan tulus, ikhlas. Menurutnya, momen ini sebaiknya digunakan untuk masyarakat Kalsel.

"Kami, TNI Polri, bersatu untuk amankan pergantian tahun. Harus kita batasi, kurangi pengerahan massa karena akan berdampak pada Covid. Mari kita bersatu padu, lakukan yang baik, beri rasa aman ke masyarakat. Dan kepada masyarakat, kami  imbau agar lebih bersabar," paparnya.

Terpisah, Karoops Polda Kalsel, Kombes Nur Subhan, dalam arahannya, mengatakan, petugas akan ke lokasi pengamanan saat Kamis (31/12/2020) pukul 16.00 Wita. Pihaknya mengedepankan tindakan preventif, Tahun baru tidak ada kerumuman.

"Lebih dari 20 orang, akan kami bubarkan. Jika tak mengindahkan atau tak mau bubar, maka akan kami cek Rapid Test Antigen, Jika reaktif, maka akan dibawa ke Bapelkes dan Asrama Haji. Petugas sudah siapkan 10.000 Rapid Test Antigen," paparnya.

Baca juga: Jembatan Pulau Bromo Segera Diresmikan, Dinas PUPR Banjarmasin Pastikan Tidak Ada Kerumunan

Baca juga: Covid-19 Belum Melandai, Disdikbud Kalsel Minta Kabupaten Kota Tak Terburu-buru Terapkan Tatap Muka

Ia pun berharap petugas dalam memberikan teguran tetap dengan ucapan yang sopan dengan mengatakan bahwa masyarakat tak boleh untuk berkerumun dan lalu lintas tak boleh berhenti.

(Banjarmasinpost.co.id/Irfani Rahman)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved