Breaking News:

Berita Banjarmasin

Resmi, Mulai Hari ini Pemko Banjarmasin Terapkan PPKM

Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin resmi menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina menjelaskan penerapan PPKM di Banjarmasin. 

Editor : Hari Widodo
 
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin resmi menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pasalnya hari ini, Senin (11/1/2021) Pemko Banjarmasin melalui tim Satgas Covid-19 Banjarmasin menerbitkan Surat Edaran penerapan PPKM.

Ada tujuh point penting yang tertuang dalam surat bernomor 442.11/01-P2P/ Dinkes tersebut, dan berlaku sejak hari ini hingga 25 Januari 2021.

Point pertama berbunyi kepada semua masyarakat Kota Banjarmasin wajib menggunakan Masker
kain tiga lapis atau masker medis dan mendukung semua program Pemerintah dalam upaya pengendalian Covid-19 di Banjarmasin.

Baca juga: PPKM Resmi Mulai Diterapkan di Banjarmasin, Satgas Covid-19 Keluarkan Surat Edaran 

Baca juga: Sikapi Perkembangan Covid-19 Terkait PPKM, Besok Pemkab Batola Gelar Rapat Koordinasi 

Kemudian agar semua Satgas tingkat Kelurahan mengoptimalkan kembali upaya pembatasan kegiatan di masyarakat yang berpotensi menyebarkan Covid-19 melalui edukasi secara langsung terhadap penerapan Protokol Kesehatan (memakai masker dengan benar, membangun budaya cuci tangan dan
menghindari kerumunan) secara terus menerus.

Point pentingnya yakni pada point ketiga, semua Tempat Hiburan Malam (THM), Cafe dan Restoran/rumah makan untuk membatasi buka hanya sampai pukul 22.00 Wita.

Pada point keempat, semua kegiatan mengumpulkan orang banyak wajib memiliki izin Satgas
Covid-19 sebagai langkah pengendalian.

Kelima yakni setiap acara perkawinan yang dilaksanakan di tengah masyarakat (bukan di gedung) wajib melibatkan Satgas Kelurahan sebagai pengawas pelaksana protokol Kesehatan sampai acara selesai.

Selanjutnya pada point keenam disebutkan bahwa semua ketentuan ini berlaku sejak tanggal 11 sampai dengan tanggal 25 Januari 2021.

Terakhir, atau pada ketujuh berbunyi tdak mematuhi Surat Edaran ini, adalah pelanggaran terhadap upaya Kekarantinaan Kesehatan dan Perwali Nomor 68 tahun 2020, akan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Surat Edaran ini ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat Banjarmasin, pelaku usaha, pengelola THM, Cafe, restoran dan juga Wedding Organizer.

"Sudah berlaku mulai hari ini sampai 25 Januari 2021. Dan kita mengikuti arahan dari pemerintah pusat," ujar Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina.

Baca juga: Hari Ini PPKM Jawa dan Bali Berlaku, Siap-siap Ikuti Aturan Pembatasan Ini Kalau Tak Mau Disanksi

Meskipun PPKM mulai diberlakukan, namun Ibnu Sina menggarisbawahi bahwa pelaksanaannya tidaklah seketat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Memang pembatasan aktivitas hingga pukul 22.00 Wita, tapi tidak seketat PSBB. Pemberlakuannya mungkin seperti libur Natal dan Tahun Baru kemarin. Dan kita akan kembali menghidupkan Satgas Covid-19 di tingkat kelurahan," pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/frans rumbon)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved