Breaking News:

FLPP 2021

Kredit Rumah Murah FLPP Berlanjut Mulai 4 Februari 2021, BRI Jadi Bank Pertama

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi bank pertama menyalurkan dana FLPP tahun ini untuk MBR. Bank ini menyalurkan senilai Rp 4,6 miliar

Istimewa/Mahatama Property .
Pembangunan rumah subsidi di Kalsel.Kredit Rumah Murah FLPP Berlanjut Mulai 4 Februari 2021, BRI Jadi Bank Pertama 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang belum memiliki hunian kini punya kesempatan lagi mengakses kredit rumah murah melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Pemerintah telah menyalurkan kembali kredit murah ini untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki hunian dengan syarat mudah dan cicilan terjangkau, plus subsidi uang muka melalui program FLPP.

Melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mulai menyalurkan bantuan pembiayaan perumahan FLPP tahun ini pada 4 Februari 2021.

Daftar Harga Emas Antam 7 Februari 2021, Hari Ini Naik Rp 10.000 Per Gram

Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp 10.000, Jadi Rp 940.000 Per Gram 6 Februari 2021

Adapun PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menjadi bank pertama yang menyalurkan dana FLPP tahun ini. Bank ini menyalurkan senilai Rp 4,6 miliar untuk 42 unit rumah.

Tahun ini, pemerintah mengganggarkan FLPP Rp 19,1 triliun yang terdiri dari Rp 16,66 triliun dari DIPA dan Rp 2,44 triliun dari pengembalian pokok untuk 157.500 unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Pemerintah juga memastikan, FLPP yang telah dicairkan disalurkan bersamaan dengan subsidi bantuan uang muka (SBUM).

Ilustrasi
Ilustrasi (Ist)

Pembayaran SBUM dapat dilakukan untuk akad mulai tanggal 4 Januari 2021.

Kendati SBUM dapat disalurkan bersamaan dengan FLPP, pemerintah mengingatkan bank pelaksana untuk meninjau pemberlakuan perjanjian kerjasama (PKS) tahun 2021 dengan pemerintah dalam melaksanakan penyaluran FLPP.

Anggaran SBUM tahun ini mencapai Rp 630 miliar untuk 157.500 unit rumah.

Selain itu, pemerintah juga mengalokasikan dana bantuan pembiayaan lainnya, yaitu Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) sebesar Rp 1,59 trilun untuk 39.996 unit rumah.

Tahun ini, ada 38 bank pelaksana penyaluran dana FLPP. Namun, mergernya Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, dan BRI Syariah yang per 1 Februari 2021 menjadikan jumlah bank pelaksana menjadi pelaksana FLPP akan menjadi 36 bank.

Tahun 2021 pemerintah juga telah mengeluarkan kebijakan batas harga rumah masih sama dengan tahun 2020, sehingga tidak ada kenaikan.

“Dengan batas harga rumah yang sama dengan tahun 2020, kami melihat masih bisa diakomodir oleh para pengembang.

Selama rumah yang dibangun tidak banyak aksesoris, yang penting sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah, terutama dalam hal konstruksi. Rumah dibangun sesuai kebutuhan bukan keinginan” terang Direktur Utama PPDPP, Arief Sabaruddin dalam keternngan resminya, Minggu (7/2). (*)

Sejarah Kelam Valentine Day dan Makna Pemberian Mawar Merah

Pengelola Akan Lengkapi Fasilitas di Air Terjun Janda Beranak Tiga Kabupaten Banjar

Artikel ini tayang di kontan.co.id dengan judul Penyaluran dana FLPP mulai berjalan lagi

Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved