Breaking News:

TECHNO

Cara Mudah Mengetahui Siapa Saja Pemakai Jaringan WiFi Kita

Ada banyak cara untuk mengetahui siapa atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kita.

BANJARMASINPOST.CO.ID/NIA KURNIAWAN
Dua mahasiswi asyik berselancar internet menggunakan fasilitas wifi corner Kampung UMKM Goes Digital di lingkungan gedung PLUT Dinas Koperasi UMKM Banjarbaru, Selasa (30/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Apabila Anda memiliki koneksi internet dengan jaringan WiFi sendiri di rumah, kantor atau tempat usaha anda?

Jika begitu keamanan jaringan Anda merupakan hal yang penting diperhatikan.

Sebab, orang lain bisa saja mengakses jaringan wireless tersebut dengan berbagai cara demi mendapatkan akses internet gratis, misalnya seperti membobol atau mencoba menebak kata sandi (password) WiFi tersebut.

Namun jangan khawatir. Ada banyak cara untuk mengetahui siapa atau perangkat apa saja yang terhubung dengan jaringan WiFi kita.

Salah satu yang paling umum adalah mengunjungi laman admin dari router masing-masing melalui browser internet.

Baca juga: Chip e-KTP Tak Bisa untuk Lacak Lokasi, Roy Suryo: Enggah Usah Lebay

Baca juga: Kebiasaan Nagita Slavina Terungkap Raffi Ahmad di Video 19 Menit, Ayah Rafathar : Aku Jatuh Cinta

Namun, hal ini bisa dibilang kurang praktis lantaran Anda harus membuka browser dan memiliki akses admin ke laman tersebut.

Alternatif lainnya adalah menggunakan beragam aplikasi pemantau jaringan WiFi yang bisa dipasang di smartphone, seperti Fing - Network Scanner yang tersedia di toko aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.

FASILITASI SISWA - Sejumlah siswa belajar via daring dengan menggunakan jaringan wifi di Warkop Pitulikur kawasan Jl Ngagel, Senin (20/7). Pengelola warkop memberikan fasilitas teh hangat kepada siswa yang belajar via daring asal tidak bermain game.
FASILITASI SISWA - Sejumlah siswa belajar via daring dengan menggunakan jaringan wifi di Warkop Pitulikur kawasan Jl Ngagel, Senin (20/7). (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Menariknya, aplikasi yang juga tersedia di komputer desktop (Windows/Mac) ini bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan WiFi, meski kita tidak punya akses ke halaman admin router. Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Cara pakai Fing

Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools di smartphone Android.
Ilustrasi aplikasi Fing Network Tools di smartphone Android. ((KOMPAS.com/Bill Clinten))

Pertama-tama, pastikan Anda tersambung dengan jaringan WiFi Anda sendiri. Dalam hal ini, jaringan WiFi KompasTekno bernama "Cilok Mang Oleng".

Halaman
123
Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved