Breaking News:

Mengenal Edible Flower

Beberapa Jenis Edible Flower yang Populer dan Biasa Ditemui di Sekitar

Ada beberapa jenis edible flower yang didapat dan kerap dijadikan hiasan pelengkap hidangkan berbagai minuman atau makanan.

banjarmasinpost.co.id/Danti Ayu
Pengelola kebun percontohan PKK Banjarmasin 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada beberapa jenis edible flower yang didapat dan kerap dijadikan hiasan pelengkap hidangkan berbagai minuman atau makanan.

Edible flower memiliki kriteria tersendiri dan biasanya dimanfaatkan sesuai dengan karakteristik jenis masing-masing.

Jenis edible flower yang populer misalnya;  Bunga Rose Petal (Kelopak Bunga Mawar) yang merupakan bunga paling mudah ditemui. Bunga ini biasa tumbuh di manapun dengan aroma wangi yang menjadi ciri khasnya.

Kelopak bunga mawar atau rose petal biasanya digunakan sebagai dahan dasar untuk mengolah sirup, selai, teh, permen,atau hanya sekedar ditaburkan di permukaan makanan.

Baca juga: Mengenal Jenis Edible Flower, Bunga-bunga yang Dapat Dikonsumsi dan Jadi Hiasan Hidangan Kuliner

Baca juga: Presiden Jokowi ke Kalsel, Kembali Batal Kunjungi Kabupaten HST, Warga Baru Waki Mengaku Kecewa

Baca juga: Jokowi ke Kalsel, Penjabat Gubernur Kalsel Pimpin Gladi Resik Peresmian Bendungan Tapin

Berikutnya, Bunga Telang;  Bunga ini merupakan salah satu jenis edible flower yang belakangan begitu populer lantaran warnanya yang memikat.

Bunga ini biasanya dikonsumsi untuk olahan minuman dengan cara diseduh. Setelah diseduh, bunga telang akan mengeluarkan warna ungu pada air hingga membuatnya terlihat cantik.

Hal ini membuatnya kerap kali digunakan sebagai pewarna alami makanan.

Berasal dari daerah Asia, bunga telang memiliki kandungan senyawa kimia seperti fenol, delphinidin, triglucoside, alkaloid, flavonoid. saponin, sulfur, dan ca-oksalat.

Selain itu bunga telang juga memiliki khasiat untuk menghilangkan racun di tubuh.

Jenis edible flower yang populer lainnya yakni Torenia. Memiliki warna berbagai cantik dan memiliki bentuk bak terompet, bunga ini kerap kali digunakan untuk campuran salad, garnish, maupun campuran makanan lainnya.

Selain beberapa jenis edible flower di atas, masih ada banyak edible flower lainnya dan ada juga yang dapat dengan mudah ditemui seperti bunga kertas, bunga kenikir, dan juga bunga matahari.

(banjarmasinpost.co.id/Danti Ayu)

Penulis: Danti Ayu Sekarini
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved