Breaking News:

Kriminaltas Banjarbaru

Hukuman 5 Tahun Penjara Menanti AS akibat Perbuatannya Mencuri 2 Unit Sepeda Warga Banjarbaru

Curi dua unit sepeda, AS (30) warga Gang Amanah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin dibekuk Unit Buser Polsek Banjarbaru Kota

Penulis: Siti Bulkis
Editor: Eka Dinayanti
Humas Polsek Banjarbaru Kota
AS(30) warga Gang Amanah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan dibekuk Unit Buser Polsek Banjarbaru Kota setelah mencuri dua unit sepeda milik warga Banjarbaru 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Curi dua unit sepeda, AS (30) warga Gang Amanah, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, Kalimantan Selatan dibekuk Unit Buser Polsek Banjarbaru Kota.

AS (30) tidak dapat mengelak lagi saat aksi tindak pidana pencurian yang terjadi di Komples Balitra Jaya Permai, Jalan karang Anyar, Loktabat Utara, Banjarbaru, Kalimantan Selatan berhasil terungkap.

Kejadian tersebut bermula pada Minggu 31 Januari 2021, Pelaku AS (30) melihat dua unit sepeda yang sedang terparkir di gazebo depan rumah AF.

Merasa aman dan tidak ada yang melihat, Pelaku AS langsung selancarkan aksinya dengan melompati pagar rumah korban.

Baca juga: Pemuda Banjarbaru Ini Rajin Bikin Kreasi Rak Tanaman Hias, Dijual Rp 60 hingga Rp 300 Ribu

Baca juga: Pensiun dari Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Tetap Aktif Berpolitik

"Pelaku mengeluarkan satu unit sepeda dengan mengangkatnya melewati pagar, dan kemudian menyembunyikannya di semak-semak," ungkap Kapolsek Banjarbaru Kota, Kompol Purbo Raharjo melalui Kasi Humas, Aipda Ahmad Suprianto, SH, Rabu (17/2/2021).

Tak berselang lama, AS mengulangi aksinya dengan kembali mengambil sepeda kedua yang masih milik korban, sehingga total ada dua unit sepeda yang dicurinya.

Setelah melalui proses penyelidikan, Supri menyebut, Unit Buser Polsek Banjarbaru Kota dan dibantu Unit Reskrim Polsek Banjarmasin Utara berhasil membekuk pelaku dengan barang bukti sepeda Polygon Cosmix putih dan Wimcycle putih.

Baca juga: Pos PPKM Mikro Didirikan di Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin

Baca juga: Disperindag Kabupaten Batola Sebut Harga Beberapa Bahan Pokok Naik

Supri mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat atas peristiwa tersebut agar tetap dan lebih waspada, jangan sampai kejadian serupa terjadi kembali, terlebih, di malam hari.

"Ada baiknya dengan cara kembali mengaktifkan ronda malam. Selain itu, pemilik rumah wajib menggunakan kunci pengaman tambahan, baik untuk pagar maupun pintu rumah," tuturnya.

"Apabila meletakan barang seperti, sepeda motor atau sepeda hendaknya untuk dipasangkan pula kunci tambahan," sambungnya.

Hal ini bertujuan untuk mempersulit para pelaku kejahatan melakukan aksinya.

Akibat perbuatannya yang diakui oleh pelaku, AS digiring ke Mapolsek Banjarbaru Kota dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP terkait pencurian dengan pemberatan yang ancaman hukumannya lima tahun penjara.

(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved