Breaking News:

Berita Banjar

Video Makam Guru Sekumpul di Martapura Masih Ditutup, Peziarah Tetap Datang ke Kubah

Kawasan kubah makam tuan guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini Ghani tetap didatangi peziarah meski masih ditutup untuk masyarakat umum.

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINOST.CO.ID, MARTAPURA - Kawasan kubah makam tuan guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini Ghani masih ditutup untuk masyarakat umum.

Alasannya karena pandemi Covid-19 dan renovasi bangunan di kawasan kubah tersebut.

Meski begitu, warga yang ingin menunaikan hajat dan nazarnya berziarah ke makam ulama kharismatik itu masih ada yang berkunjung.

Mereka rata-rata dari luar daerah Kabupaten Banjar, seperti dari Kabupaten Tanahlaut, Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanahbumbu.

Peziarah dapat leluasa berzikir, bertahlil dan berdoa di salah satu bangunan kosong yang tersedia di Gang Taufik.

Posisi bangunan kosong itu persis berhadapan dengan pintu samping akses masuk ke kawasan kubah atau di depan ruangan imam langgar Ar-raudhah.

Mimah, seorang pedagang di gang Taufik mengaku setiap hari ada saja yang datang berziarah, sejak subuh, pagi, siang, sore dan malam hari, sekitar pukul 22.00 Wita.

"Biasanya yang berziarah selepas salat subuh atau malam hari itu rombongan peziarah keliling," katanya.

Mimah mengatakan peziarah yang berkunjung menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, duduknya pun berjarak dan  terpisah antara peziarah lelaki dan peziarah perempuan.

Pedagang lainnya, mengaku tingkat kunjungan para peziarah tidak setinggi sebelum pandemi Covid-19.

"Sangat jauh jumlah pengunjung yang berziarah dibanding sebelum pandemi Covid-19," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved