Breaking News:

Berita HSU

Kini Jadi Persinggahan Wisata Susur Rawa Gambut, Pondok Pemantau Api di Haur Gading HSU Dipercantik

Pondok Pemantau Api yang berada di tengah-tengah rawa desa Pulantani Kecamatan Haur Gading HSU kini menjadi tempat persinggahan wisata susur rawa

istimewa
Pondok pemantau Api di Desa Pulantan Kecamatan Haur Gading, Kabupaten HSU. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Siapa kira bahwa pondok pemantau api yang ada di daerah rawa saat ini menjadi tujuan objek wisata susur rawa di Kecamatan Haur Gading Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). 

Kecamatan Haur Gading memiliki lahan rawa yang cukup luas terus dijaga agar tidak terdampak kebakaran. Dan bangunan yang berada ditengah daerah rawa ini mendapat perhatian dari warga khususnya dari warga Kabupaten HSU. 

Pondok pemantau banjir ini menjadi tempat bersinggah dari objek wisat susur rawa, yang kini terus dipromosikan secara luas di Desa Pulantani Kecamatan Haur Gading. 

Iwan Hermawan salahsatu pengelola objek wisata susur rawa mengatakan pihaknya memperindah bangunan pondok yang ada di tengah rawa agar lebih menarik. 

Baca juga:  Susur Rawa Gambut di Haur Gading, Kadis Pemdes HSU Rasakan Pengalaman Menakjubkan

Baca juga: Warga Haur Gading HSU Mulai Buka Lahan untuk Tanam Purun, Ini Kendala Dihadapi

Salahsatunya dengan mengecat pondok, saat berada dipondok tersebut akan merasakan keindahan alam daerah rawa. Angin berhembus cukup kencang saat siang hari dan udara yang masih segar. 

"Pondok pemantau api sekaligus tempat istirahat rombongan yang mengikuti susur rawa, sering pengunjug ingin berlama lama di pondok ini karena selain pemandangannya yang indah namun juga nyaman untuk bersantai," ujarnya. 

Iwan menambahkan pondok pemantau api juga sekaligus digunakan untuk melihat jika ada pembalakan atau penebangan pohon di hutan secara ilegal.

Baca juga: Desa Pulantani HSU Bikin Paket Wisata Susur Rawa Gambut, Ini Jalur yang Dilalui

Bangunan dengan tinggi sekitar 5 meter dari permukaan rawa maka berada di pondok pemantau api ini memungkinkan wisatawan untuk melihat seluruh kondisi hutan dan hamparan kebun purun, panorama wisata ini juga sangat cocok bagi wisatawan untuk berswafoto dengan latar belakang hutan dan kebun purun. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved