Breaking News:

Berita Banjarmasin

Hiswana Migas Kalsel Ingatkan ASN untuk Tidak Menggunakan LPG 3 Kg

Hiswana Migas Kalsel tidak bisa menindak ASN yang menggunakan LPG subsidi untuk rakyat miskin, hanya pemerintah daerah yang mampu melakukannya.

BANJARMASINPOST.CO.ID/NOOR MASRIDA
ILUSTRASI - Antrean warga untuk bisa mendapatkan LPG 3 kg di Gang Merdeka, Jalan Kini Balu, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (21/2/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO ID, BANJARMASIN - Pemberian subsidi LPG 3 kg untuk masyarakat miskin masih belum benar-benar tepat sasaran di Kalimantan Selatan.

Pasalnya, LPG 3 kg sejatinya diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Namun fakta di lapangan, tak sedikit mereka yang terbilang mampu, juga menggunakannya.

Malah disinyalir ada pula oknum dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga ikut-ikutan menikmati elpiji subsidi tersebut.

Terkait hal ini pula, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Kalsel mengimbau agar ASN tidak menggunakan Elpiji Melon tersebut, misalnya bright gas 5,5 kg atau yang 12 kg.

Baca juga: DPRD Kalsel Prediksi Harga LPG Kg 3 Masih Tinggi Akibat Jalan dan Cuaca Buruk

Baca juga: LPG 3 Kg  di Banjarmasin Langka, Antrean Warga di Pangkalan Mulai Sepi

Baca juga: Elpiji Melon Langka di Banjarmasin, Warga Berburu Hingga ke Kabupaten Batola

"Kami tidak tutup mata dan tidak bisa juga menyalahkan ASN yang memakai (elpiji subsidi, red) dan kami tidak bisa menindak. Ya cukup kesadarannya saja bahwa itu sebenarnya untuk masyarakat miskin," ujar Ketua DPC Hiswana Migas Kalsel, H Saibani.

Masih terkait hal ini, H Saibani pun berharap Pemprov Kalsel hingga tingkat pemko maupun pemkab untuk mengingatkan ASN agar segera meninggalkan elpiji subsidi untuk rakyat miskin tersebut.

Terlebih lagi, lanjutnya, imbauan seperti ini sudah dijalankan oleh beberapa daerah di Tanah Air.

"Di provinsi lain, Riau dan Lampung, bahkan langsung instruksi Gubernur sampai Wali Kota dan Bupati ramai-ramai mengupayakan ASN tidak memakai elpiji subsidi. Termasuk baru-baru ini Pemkab Tanah Laut di Kalimantan Selatan yang melakukan hal yang sama," katanya.

Apabila kebijakan seperti ini benar-benar diterapkan di Kalsel hingga tinggal kota dan kabupaten, H Saibani pun yakin bahwa hal itu akan sangat membantu masyarakat.

H Saibani, Ketua Hiswana Migas Kalimantan Selatan.
H Saibani, Ketua Hiswana Migas Kalimantan Selatan. (BANJARMASINPOST.CO.ID/FRANS RUMBON)

"Kalau hal itu benar-benar diterapkan, maka hak masyarakat penerima elpiji subsidi akan lebih banyak lagi yang terlayani," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans Rumbon
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved