Breaking News:

Bumi Sanggam

TPS 3R Balangan Kelola Kurang Lebih 10 Ton Sampah Setiap Harinya

Sampah yang dihasilkan Balangan mencapai 85 ton per hari, sekitar 22 ton terangkut ke TPA dan sekitar 10 ton yang dikelola Bank Sampah dan TPS 3R

kominfo balangan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah 

Editor: Eka Dinayanti

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Volume sampah yang dihasilkan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dari tahun ke tahun meningkat.

Saat ini diperkirakan volume sampah yang dihasilkan daerah berjuluk Bumi Sanggam ini mencapai 85 ton per hari.

Dari jumlah volume tersebut, diperkirakan hanya sekitar 22 ton per harinya yang terangkut ke tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan baru sekitar 10 ton lainnya yang dikelola Bank Sampah dan Tempat Pembuangan Sampah TPS 3R (reuse, reduce, recycle).

Sisanya dibuang langsung ke sungai, dibakar atau dibuang sekitar lingkungan sekitar permukiman oleh masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Musa Abdullah mengungkapkan, tidak terangkut sepenuhnya volume sampah ini memang karena masih terbatas sarana prasarana yang ada, termasuk armada pengangkut.

”Ke depan tentu kita berencana menambah armada pengangkut sampah, namun tentu ini dilakukan secara bertahap karena memang tergantung anggaran yang tersedia,’’ ujarnya, Minggu (28/2/2021).

Selan itu, kata Musa, saat ini pihaknya mempunyai sembilan buah armada pengangkut dengan puluhan kontainer sampah yang disebar pada beberapa titik, termasuk sampai wilayah Kecamatan.

Menurut Musa, karena keterbatasan itu, pengangkutan sampah di kecamatan masih kurang maksimal dan dilakukan secara bergiliran.

“Guna penanganan sampah dari waktu ke waktu yang volume terus meningkat ini, kami berharap keberadaan Bank Sampah dan Pembuangan Sampah Sementara Reuse, Reduce, Recycle (TPS 3R) makin bertambah secara jumlah dan maksimal dalam pengelolaannya,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Eka Dinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved