Breaking News:

Lifestyle

Dulu Recehan, Kini Tanaman Hias Miana Bikin Hoki, Ternyata Berkhasiat untuk Obat Wasir

Tanaman hias berupa bayam-bayaman atau bahasa latinnya Miana kini semakin diburu kolektor tanaman hias. Motif warna yang bervariasi alasannya

banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Koleksi tanaman Miana. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tanaman hias berupa bayam-bayaman atau bahasa latinnya Miana semakin dilirik, apalagi warnanya yang bervariasi membuat para penyuka bunga selalu penasaran untuk memilikinya.

Tak heran bunga yang dulunya dianggap hanya berharga recehan itu sekarang semakin hoki pasarannya dan banyak diminati para penghobi tanaman hias. 

Eka, pemilik Eka Garden di Banjarbaru, mengatakan, sekarang ramai permintaan tanaman hias Miana baik dari para pedagang bunga maupun para pengoleksi.

"Dulu bunga ini hanya bernilai recehan, sekarang sudah lebih bernilai harganya, apalagi yang premium. Rata-rata harga Miana biasa mulai dari Rp 10 ribu per stek/tangkai," ujar Eka. 

Baca juga: Taman Puteri Junjung Buih Amuntai Ramai Penjual Bunga, Banyak Pilihan Tanaman Hias

Baca juga: Wisata Kalsel, Berburu Kelapa Kerdil di Pasar Tanaman Hias Kertak Hanyar

Dikatakan Eka, corak Miana sangat banyak, bisa lebih seratus corak. Dan Eka sampai ini sudah memiliki lebih 60 corak Miana. 

Fahriansyah, pedagang bunga di Kertak Hanyar, mengatakan, banyak orang yang mencari Miana berbagai corak, bahkan sehari ia bisa menjual sampai 100 tangkai.

"Awalnya saya jual bunga jenis lain, lantas  banyak yang cari Miana, saya coba bawa ke lapak ternyata langsung habis terjual," tukasnya, seraya mengatakan dalam dua minggu terakhir banyak menyediakan tanaman jenis bayam-bayaman ini.

Fahriah, penghobi tanaman hias, tidak menampik ia sangat tergiur untuk selalu mendapatkan berbagai macam warna Miana, karena tanaman tersebut berbeda-beda corak. 

"Coraknya hampir tidak habis-habisnya, hingga sekarang saya mengoleksi 40 corak. Sampai saat ini saja saya masih berburu corak lain Miana," pungkasnya. 

Baca juga: Tren Tanaman Hias Mini saat Pandemi Corona, Begini Komposisi Media Tanam Kaktus

Miana adalah tanaman semak dengan tinggi dapat mencapai 1,5 meter.

Selain jadi hiasan, daunnya berkhasiat sebagai obat wasir, obat bisul, obat demam nifas, obat radang telinga dan obat haid tidak teratur. (banjarmasin post.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved