Breaking News:

Berita Tabalong

Sasaran TMMD, Buka Akses Desa Lok Batu ke Desa Kembang Kuning Kabupaten Tabalong

TNI akan bikin jalan untuk permudah mobilitas warga, menghubungkan Desa Lok Batu dengan Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

BANJARMASINPOST.CO.ID/DONY USMAN
Jalan yang dibuat dalam TMMD ke 110 Kodim 1008/Tanjung, menghubung Desa Lok Batu dan Desa Kembang Kuning, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Desa Lok Batu, Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong, menjadi lokasi utama sasaran program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-110 Kodim 1008/Tanjung.

Pelaksanaan TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung ini dibuka Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, di Pendopo Bersinar, Selasa (2/3/2021).

Dandim 1008 Tanjung Letkol Inf Ras Lambang Yudha, menyampaikan, ada beberapa program yang dilakukan dalam pelaksanaan TMMD ke-110 Kodim 1008/Tanjung.

Sasaran utama, membuka akses dari Desa Lok Batu dengan Desa Kembang Kuning, yang sama-sama berada dalam wilayah Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Baca juga: Truk dan Motor Tabrakan di Jalan Trans Kalimantan Kabupaten Tabalong, 1 Meninggal

Baca juga: Besok, Tabalong Terima Vaksin Covid-19 Sinovac untuk Petugas Pelayanan Publik

Akses yang dibuat ini menjadi jalan terdekat yang sekarang menghubungkan Desa Lok Batu dengan Desa Kembang Kuning.

"Tujuannya membuka akses dan mempercepat laju transportasi," kata Dandim.

Selain sasaran fisik utama berupa pembuatan jalan dari Desa Lok Batu ke Desa Kembang Kuning sejauh 3,4 kilometer dan lebar 7 meter, juga ada dibuat drainase di kedua sisi jalan dengan lebar masing-masing 0,5 meter.

Kemudian juga ada dilakukan pembuatan 3 unit jembatan box culvert, pembuatan pagar masjid sepanjang 41 meter, rehab dua unit rumah, pembuatab poskamling dua unit.

Baca juga: Polres dan Disperindag Tabalong Temukan Penjual Nakal, 89 Tabung LPG Diamankan

Sedangkan sasaran non fisik, imbuh Dandim, meliputi bakti sosial berupa donor darah, pelayanan KB, Pos Bindu serta perpustakaan keliling.

Juga ada dilakukan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penanggulangan bencana, pertanian, perikanan, sosialisasi kesehatan, sosialiasi protokol kesehatan, sosialiasi  vaksinasi Covid 19, penyuluhan narkoba, lalulintas dan lainnya.

"Jadi tujuan dilaksanakannya TMMD ini untuk mewujudkan peran Kodim 1008/Tanjung dalam rangka membantu Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan pembangumam fisik dan non fisik  di wilayah pedesaan, guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved