SNMPTN 2021

Peserta Lulus SNMPTN 2021 Belum Tentu Diterima Sebagai Mahasiswa di PTN, Masih Ada Verifikasi

Siswa yang lolos SNMPTN 2021 jangan senang dulu. Ternyata, peserta lulus SNMPTN belum tentu diterima sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
SNMPTN 2021.Peserta Lulus SNMPTN 2021 Belum Tentu Diterima Sebagai Mahasiswa di PTN, Masih Ada Verifikasi 

Editor : Anjar Wulandari

BANJARMASINPOST.CO.ID - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan pada Senin (22/3/2021) pukul 15.00 WIB.

Diketahui, pengumuman hasil SNMPTN 2021 dilakukan melalui laman pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.

Namun bagi siswa yang lolos SNMPTN 2021 jangan senang dulu. Ternyata, peserta lulus SNMPTN belum tentu diterima sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

Peserta akan dinyatakan diterima di PTN tujuan dengan syarat telah memenuhi ketentuan dan verifikasi data, dan persyaratan lain dari PTN tujuan.

Baca juga: Hasil Pengumuman SNMPTN 2021, Brawijaya Terbanyak dengan 4.446 Orang

Baca juga: Hasil SNMPTN 2021 Diumumkan, Ini yang Harus Dilakukan Peserta Lolos dan yang Tak Lolos

Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menyampaikan selamat bagi para peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021.

Akan tetapi, lulus SNMPTN 2021 bukan berarti telah diterima sebagai mahasiswa di PTN tujuan.

Ia mengatakan masih ada beberapa proses di masing-masing PTN yang akan menentukan status dari peserta.

"Untuk yang diterima selamat lulus seleksi SNMPTN, karena telah lulus seleksi ini masih ada beberapa proses di masing-masing perguruan tinggi, yang boleh jadi nanti menyebabkan seseorang bisa digeser atau bisa diapa, kalau ternyata tak memenuhi persyaratan," tutur dia dalam konferensi pers secara daring, Senin ( 22/3/2021).

Tampilan situs resmi pengumuman SNMPTN 2021 di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.
Tampilan situs resmi pengumuman SNMPTN 2021 di https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id. (pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id.)

Nasih mengatakan, status penerimaan sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah PTN tujuan melakukan verifikasi data akademik baik berupa rapor maupun portofolio.

"Lolos verifikasi data akademik (rapor dan potofolio asli dan menunjukkan ijazah atau Surat Keterangan Tanda Lulus atau SKTL asli) dan persyaratan lain, yang akan dilaksanakkan oleh PTN tempat peserta SNMPTN diterima," ujar dia.

Proses verifikasi data ini, dikatakan Nasih, untuk mencegah kecurangan.

"Misalnya ada peserta yang lulus, tapi ternyata rapornya palsu atau melakukan kecurangan, bukan rapot dia atau lain. Tentu lulus SNMPTN, akan ditolak PTN yang bersangkutan karena kecurangan dan lain-lain," tutur Nasih.

Selain itu, peserta yang dinyatakan telah lulus SNMPTN 2021 diharuskan untuk memperhatikan syarat, ketentuan dan jadwal registrasi ulang yang bisa disimak di laman PTN masing-masing.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved