Breaking News:

Berita Tabalong

VIDEO Wisata Kalsel Persemaian KPH Tabalong Bisa Jadi Alternatif Wisata Edukasi

Persemaian KPH Tabalong selain menyemai ribuan bibit pohon, juga bisa menjadi wisata edukasi

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Sejak setahun terakhir ini Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah memilili lokasi khusus yang menjadi tempat persemaian bibit pohon.

Lokasi Persemaian KPH Tabalong ini sangat mudah ditemukan karena berada persis di tepi jalan raya trans Kalsel-Kaltim, tepatnya di wilayah Desa Simpung Layung, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

Apabila dari arah Banjarmasin menuju ke arah Kaltim, area Persemaian KPH Tabalong lokasinya berada di sisi kiri badan jalan dan ada ditandai dengan papan nama.

Di lokasi inilah disemaikan berbagai jenis bibit pohon diantaranya, bibit sengon, bibit pohon campuran seperti Sungkai, Trembesi dan jenis Multipurpose Tree Species (MPTS) lainnya.

KPH Tabalong juga turut memberdayakan masyarakat sekitar untuk menjadi tenaga lepas di persemaian. Sehingga masyarakat sekitar juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari membantu pekerjaan di persemaian, misalnya membuat polybag tanaman.

Bukan hanya sekadar menjadi tempat persemaian bibit pohon, di Persemaian KPH Tabalong juga bisa menjadi wadah belajar bagi masyarakat maupun pelajar.

Mulai dari cara membuat pupuk, membuat polybag, merawat bibit serta melakukan persemaian baik melalui cangkok, stek dan lainnya.

Sehingga Persemaian KPH Tabalong yang terbuka menerima kunjungan dari masyarakat umum ini sangat cocok juga menjadi alternatif tujuan wisata.

Kasi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin, yang ditemui dilokasi mengatakan, area persemaian baru dibuat pada Mei 2020. Latar belakang dibuatnya persemaian ini untuk mendukung program Revolusi Hijau Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel yang pelaksanaannya untuk di wilayah Kabupaten Tabalong.

"Seperti KTH (Kelompok Tani Hutan) menanam, masyarakat menanam, ada ASN menanam dan penghijauan lingkungan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved