Breaking News:

Persemaian KPH Tabalong

Wisata Kalsel, Setahun Persemaian KPH Tabalong Hasilkan Seratus Ribu Lebih Bibit Pohon

Wisata Kalsel, Persemaian Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)

banjarmasinpost.co.id/donyusman
Wisata Kalsel, Petugas KPH Tabalong saat berada di antara bibit di persemaian 

Editor: Edi Nugroho

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Wisata Kalsel, Persemaian Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ada di wilayah Desa Simpung Layung, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

Dibuat sejak Mei 2020, Persemaian KPH Tabalong ini tujuannya untuk mendukung program Gerakan Revolusi Hijau Dinas Kehutanan Kalsel.

“Latar belakang dibuatnya persemaian ini untuk mendukung program Gerakan Revolusi Hijau," ujar Kasi Perlindungan Hutan KPH Tabalong, Zainal Abidin.

Di antaranya melalui Kelompok Tani Hutan (KTH) menanam, masyarakat menanam, ASN menanam, penghijauan lingkungan dan lainnya.

Baca juga: VIDEO Travel - Melihat Dari Dekat Perbatasan Kalsel-Kaltim di Gunung Halat Desa Lano

Dimana bibit-bibit pohon yang ditanam dalam gerakan tersebut disuplai Persemaian KPH Tabalong secara gratis.

Saat ini, imbuh Zainal, dari total luas area Persemaian KPH Tabalong sekitar 3 hektare, baru ada sekitar 1 hektare yang sudah dimanfaatkan.

Dengan baru memanfaatkan lahan sekitar 1 hektare maka di tahun 2020 bibit yang dihasilkan bisa mencapai sekitar 100 ribu batang.

Jenis bibit yang disemai, untuk yang utama berupa pohon sengon, trembesi, sungkai serta jenis buah-buahan seperti jengkol dan petai.

Sedangkan untuk tahun 2021 ini target bibit pohon yang disemai dinaikan menjadi sekitar 120 ribu batang. (banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Edi Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved