Breaking News:

BTalk

BTalk, Terumbu Karang Kabupaten Kotabaru Sudah Membuka Mata Dunia

Pemerintah Kabupaten Kotabaru kian aktif menawarkan pariwisata bawah laut, snorkling, menyelam. Lokasinya, Pulau Samber Gelap, Melangko dan Sawa.

Penulis: Herliansyah | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Ketua Litbang Possi Kabupaten Kotabaru, H Rusian Ahmadi Jaya, saat telewicara membahas wisata laut dalam tayangan BTalk, program Banjarmasin Post, Senin (29/3/2021). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Seorang pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru, sebagai Plt Kepala Pelaksana (Kalak) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), H Rusian Ahmadi Jaya, aktif dalam dunia bawah laut.

Keaktifannya diimplementasikan untuk memperkenalkan pesona wisata bawah laut Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan.

Dimulai ketika menjabat sebagai Kepala Bidang Destinasi Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Aktif menyelam dimulai 2012.

"Inilah uniknya kita memasuki dunia bawah laut yang mana tidak semua orang bisa masuk ke sana," ujarnya dalam BTalk, program Banjarmasin Post, Senin (29/3/2021). 

Baca juga: Update Covid-19 Kotabaru: Sembuh 2, Positif 6, Meninggal 1 Orang

Baca juga: Daerahnya Jadi Lumbung Padi di Kotabaru, Petani Pulaulaut Timur Berharap Normalisasi Sungai

Karena, katanya, ada syarat-syarat yang harus dimiliki, dari segi keselamatan dan juga perizinannya. 

Dikisahkannya, pada 2012, diajak Bapak Saberi Madani selaku Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kotabaru. Melihat sejauh mana potensi Kotabaru, khususnya kondisi alam bawah laut kita. 

Dulunya tidak mengira bahwa Kabupaten Kotabaru punya harta karun yang terpendam. Meliputi Apa Saja Panorama Bawah Laut di Kotabaru? 

Memang, berbeda pandangan bawah laut dengan daratan, misal melihat pantai ya paling melihat pepohonan, pasir dan laut. Kalau minggu ini, minggu depan ke sana lagi, tetap sepertu itu. 

Baca juga: Jalan Poros di Kecamatan Pulau Sebuku Kotabaru Belum Diperbaiki, Warga Tuding Pemkab Banyak Janji

Tapi alam bawah laut beda, terutama penghuninya. Dalam satu sampai dua jam bisa berubah karena habitan di dalam. Ikan berkeliaran.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved